Sabtu, 27/04/2024 14:45 WIB

Ansor: Mentan Miskin Terobosan

Sektor pertanian memiliki peran strategis dalam menopang pembangunan perekonomian nasional. Seharusnya, pemerintah memiliki konsen yang tinggi pada aspek tersebut. 

Menteri Pertanian Amran Sulaiman

Jakarta- Ketua Bidang Pertanian, Kedaulatan Pangan dan ESDM Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, Adhe Musa Said menilai, kinerja Menteri Pertanian Amran Sulaiman miskin terobosan.  Kebijakan Kementrian Pertanian dibawah pimpinan Amran cenderung hanya melanjutkan program pemerintah lama.

"Kementerian Pertanian era Jokowi-JK terkesan hanya meneruskan kebijakan pemerintahan sebelumnya, yang berputar-putat pada wilayah yang sama dan tidak membawa dampak signifikan pada perubahan wajah pertanian tanah air, maupun kesejahteraan petani," terang Adhe  dalam diskusi Refleksi Akhir Tahun Gerakan Pemuda Ansor dalam menyikapi kebijakan Kementerian Pertanian bertempat di Kantor GP Ansor, Jakarta, Selasa, (19/12/16).

Adhe menilai sektor pertanian memiliki peran strategis dalam menopang pembangunan perekonomian nasional. Seharusnya, pemerintah memiliki konsen yang tinggi pada aspek tersebut. Sayagnya, pemerintah lewat Kementerian Pertanian terkesan tidak serius untuk memacu sektor pertanian. 

"Pemerintahan saat ini tidak serius mengurusi pertanian. Lihat saja tidak ada kebijakan Kementerian Pertanian yang mengupayakan penyediaan  lahan yang subur lewat pupuk yang baik, penyediaan benih yang bagus, dan penyediaan pasar untuk menampung hasil pertanian dengan baik pula agar petani sejahtera," ungkapnya. 
Adhe menganggap petani di Indonesia tengah berada dalam kondisi termarjinalkan.

"Bahkan yang terjadi petani malah mulai kehilangan generasi, karena sektor ini dianggap tidak menjamin dalam memenuhi kebutuhan kehidupan keluarga," pungkasnya.

KEYWORD :

Menteri Pertanian Amran Sulaiman Anshor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :