Selasa, 09/08/2022 02:07 WIB

Setahun Memimpin, Saut: Masih Banyak Kasus Ketinggalan

Selama satu tahun memimpin, lembaga antirasuah yang digawangi Agus Rahardjo Cs tak menampik masih mengalami kendala.

Saut Situmorang

JAKARTA - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jilid IV hari ini, Rabu (21/12), genap berusia satu tahun. Selama satu tahun memimpin, lembaga antirasuah yang digawangi Agus Rahardjo Cs tak menampik masih mengalami kendala. Utamanya terkait penanganan kasus dugaan korupsi.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengakui komisioner saat ini masih mempunyai hutang penanganan sejumlah kasus korupsi yang belum tertuntaskan. Salah satu kasus yakni korupsi pengadaan e-KTP.

"Ya, ya. Di luar itu (kasus e-KTP) bahkan ada itu kasus-kasus ada beberapa yang tertinggal, ketinggalan," ungkap Saut di kantornya, Jakarta.

Namun, Saut mengklaim pihaknya akan mempercepat kasus yang masih menjadi hutang. "Kita sedang inventarisir, detail-detailnya sudah ada. nanti bagaimana kita bisa mempercepat itu," ujar Saut.

Saut pun berjanji setahun ke depan nanti, KPK akan meningkatkan inovasi-inovasi dalam upaya pemberantasan korupsi. Namun, Saut enggan merinci inovasi yang dimaksudnya itu. Yang jelas, kata Saut, Inovasi-inovasi itu sudah dibahas ditataran pimpinan.

"Akan ada banyak inovasi-inovasi, akan ada banyak detail-detail yang kita lakukan," tutur Saut.

Saut berharap KPK dalam tahun ke depan dapat bekerja lebih baik. Hal itu, kata Saut, dilakukan untuk menekan prilaku korupsi di Indonesia.

"Mudah-mudahan apa yang kami evaluasi setahun ke belakang, semoga KPK lebih berani tahun depan, lebih integratif, lebih inovatif, lebih koordinatif. Sehingga libido korupsi bisa ditekan. Karena belum ada yang berubah nih," tandas Saut.

TAGS : saut situmorang satu tahun kpk




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :