Sabtu, 27/04/2024 07:54 WIB

Rektor Harap Wisudawan UMJ Miliki Kecerdasan Spiritual

Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melepas 1.525 wisudawan pada gelaran Wisuda Program Doktor ke-6, Program Magister ke-44, Program Sarjana ke-75, Spesialis ke-2 dan Program Diploma Tiga, pada Selasa (29/3).

Prosesi wisuda Universitas Muhammadiyah Jakarta (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melepas 1.525 wisudawan pada gelaran Wisuda Program Doktor ke-6, Program Magister ke-44, Program Sarjana ke-75, Spesialis ke-2 dan Program Diploma Tiga, pada Selasa (29/3).

Rektor UMJ, Ma`mun Murod mengatakan bahwa para wisudawan merupakan mahasiswa terbaik yang dimiliki UMJ karena telah menyelesaikan studinya. Dia juga berharap para alumnus tetap menjalin hubungan baik dengan pihak kampus.

"Studi yang baik adalah studi yang selesai," kata Ma`mun membuka pidatonya.

"Kalau kita mendalami kitab ta’lim muta’allim, dijelaskan bahwa tidak ada bekas mahasiswa. Tidak ada bekas guru. Tidak ada bekas dosen. Dosen akan tetap dosen. Mahasiswa akan tetap mahasiswa," imbuh dia.

Setelah menyelesaikan studi, para lulusan universitas akan menghadapi kehidupan dunia kerja dan bermasyarakat. Maka dari itu rektor berpesan kepada lulusan UMJ untuk tidak hanya bangga dengan capaian nilai atau IPK yang tinggi sebagai simbol kecerdasan intelektual. Namun, para wisudawan juga harus memiliki kecerdasan spiritual dan emosi.

"Indonesia butuh manusia-manusia yang berintegritas, manusia yang berani mengatakan yang haq itu haq dan yang bathil itu bathil. Manusia yang mencoba hidup dengan prinsip satunya kata dan perbuatan," tutur dia.

"Saya berharap sekali adik-adik wisudawan, selepas nanti hidup di masyarakat, berada di ruang kerja, bersedia mengisi banyak ruang-ruang kosong, yang nir-integritas. Isilah ruang-ruang kosong tersebut dengan kejujuran, keadilan baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain," imbuh dia.

Sebelum menutup pidato, Ma`mun menyampaikan agar di manapun berada, para wisudawan tetap menebarkan dakwah islam yang maju dan moderat.

Diketahui, wisudawan dan wisudawati terbaik kali ini berjumlah 20 orang, terdiri atas 19 orang dari seluruh program studi, dan satu wisudawan hafidz quran yakni Muhammad Zeini. Zeini adalah mahasiswa hafidz quran program sarjana, Fakultas Agama Islam, program studi Manajemen Zakat dan Wakaf.

Wisuda kali ini dihadiri oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Lincolin Arsyad, Sekretaris Kopertais Wilayah I Supriyadi Ahmad, Koordinator Sub Kelembagaan LLDikti Wilayah III Tri Munanto, dan Sekretaris Badan Pembina Harian UMJ, Agus Suradika.

Kepala LLDikti Wilayah III, Paristianti Nurwandani melalui Tri Munanto menyampaikan agar para alumni berada di garda terdepan dalam mengawal bangsa dan negara, untuk menjadi Islam berkemajuan.

Ditambahkan oleh Sekretaris Kopertais Wilayah I, Supriyadi Ahmad menyampaikan menyampaikan bahwa kehadiran para wisudawan/wati ditunggu oleh masyarakat demi kemajuan bangsa dan negara.

Lincolin Arsyad dalam sambutannya menjelaskan bahwa saat ini sudah ada empat Perguruan Tinggi Muhammadiyah yang memiliki akreditasi institusi unggul. Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai PTM tertua diharapkan bisa segera mengusahakan pencapaian akreditasi institusi unggul.

KEYWORD :

Rektor UMJ Universitas Muhammadiyah Jakarta Ma`mun Murod Wisudawan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :