Minggu, 28/04/2024 03:03 WIB

WNA Asal China Ancam Indonesia

Keberadaan warga negara asing (WNA) asal China yang berangsur memasuki beberapa wilayah di Indonesia dinilai sebagai ancaman serius.

Ilustrasi TKA

Jakarta - Keberadaan warga negara asing (WNA) asal China kian berangsur memasuki beberapa wilayah di Indonesia. Bahkan, TKA asal China mulai marak masuk sebagai pekerja buruh di tanah air.

Menanggapi hal itu, pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, TKA asal China yang "menyerbu" Indonesia akan menjadi ancaman serius bagi negara.

"Semua ini mengancam kita baik dari segi keamanan, stabilitas, ekonomi, ideologi, budaya, politik, sosial dan lain-lainnya. Intinya semua aspek kehidupan," kata Siti, ketika dihubungi, Jakarta, Selasa (20/12).

Apalagi, kata Siti, jika pemerintah tidak melakukan tindakan tegas terhadap masuknya TKA asal China yang ilegal. Sebab, hal itu menunjukkan bahwa Indonesia tidak berdaya dan lemah dalam penegakkan hukum terhadap WNA asal China.

"Ini masalah kedaulatan yang harus dijaga. Sekarang mana Trisakti itu? Kedaulatan di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkebudayaan," tegasnya.

KEYWORD :

WNA Bebas Visa TKA asal China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :