Senin, 29/04/2024 12:34 WIB

Bahaya, Pemerintah Dituding Biarkan China "Serbu" Indonesia

Maraknya WNA khususnya China yang masuk ke Indonesia baik secara legal maupun ilegal menjadi persoalan serius yang harus dihadapi pemerintah.

Pengamat Politik LIPI, Siti Zuhro

Jakarta - Maraknya warga negara asing (WNA) khususnya China yang masuk ke Indonesia baik secara legal maupun ilegal menjadi persoalan serius yang harus dihadapi pemerintah. Sehingga, jangan sampai pemerintah dianggap melakukan pembiaran atas masalah tersebut.

Pengamat Politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, diamnya pemerintah dalam menanggapi isu tersebut jangan sampai dianggap sebagai pembiaran dan pihak yang membuat isu tersebut.

"Jika masyarakat menuduh pemerintah membiarkan saja sudah berbahaya apalagi jika berkembang isu bahwa justru pemerintah lah yang melakukannya," kata Siti, ketika dihubungi, Jakarta, Selasa (20/12).

Untuk itu, Ia meminta, agar pemerintah menjelaskan berbagai isu yang berkembang sangat luas di masyarakat terkait persoalan yang dihadapi WNA utamanya warga China di Indonesia.

"Pemerintah diam saja padahal banyak isu yang sangat serius yang berkembang sangat luas saat ini seperti soal tenaga kerja kasar dari China, soal wisatawan dari China, soal pembangunan perumahan untuk orang-orang China, masuknya narkoba melalui kontraktor pembangunan Cina, soal e-KTP yang bisa dipalsukan, termasuk isu masuknya paham komunis China ke Indonesia," katanya.

KEYWORD :

WNA Bebas Visa TKA asal China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :