Kamis, 09/05/2024 02:17 WIB

Persiapan IPU, Setjen DPR Tinjau Mekanisme Kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar didampingi Deputi Bidang Persidangan Damayanti beserta tim kunjungan kerja BKSAP DPR RI meninjau langsung Terminal Kedatangan Internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar didampingi Deputi Bidang Persidangan Damayanti beserta tim kunjungan kerja BKSAP DPR RI meninjau langsung Terminal Kedatangan Internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Jakarta, Jurnas.com - Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar didampingi Deputi Bidang Persidangan Damayanti beserta tim kunjungan kerja Biro Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI meninjau langsung Terminal Kedatangan Internasional di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Sabtu (19/2).

Tinjauan tersebut guna melihat mekanisme alur kedatangan tamu dari luar negeri untuk persiapan Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly ke -144 yang rencananya akan dilaksanakan pada 20-24 Maret 2022 mendatang.

“Hari ini bersama Direktur Operasi Angkasa Pura I, kita melihat alur mekanisme kedatangan tamu dari luar negeri untuk persiapan pertemuan IPU yang akan dilaksanakan pada tanggal 20-24 Maret," ujar Indra usai peninjauan yang dilanjutkan pertemuan dengan berbagai stakeholder guna membahas persiapan dukungan penyelenggaraan IPU Assembly ke-144.

Lebih lanjut, Indra menambahkan IPU Assembly ke-144 nantinya akan dihadiri oleh 179 negara dengan sekitar 1.200 delegasi. Oleh karena itu harus dipersiapkan dengan matang terkait mekanisme kedatangan tamu dari luar negeri, terlebih jika melihat situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini.

"Dengan situasi Covid-19 saat ini, kami ingin melihat mekanisme di lapangan agar penyelenggaraan event tersebut dapat berjalan lancar. Tentu kami ingin mengkonfirmasi mekanisme di lapangan itu seperti apa, sehingga alur kedatangan dari airport itu bisa dilakukan dengan lancar dan cepat," imbuh Indra.

Selain itu, menurut Indra, event internasional ini merupakan sebuah kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Bali sebagai tuan rumah dengan protokol kesehatan yang baik, siap menyelenggarakan event-event internasional dan menyambut tamu-tamu dari luar negeri. Untuk itu, koordinasi antar stakeholder dinilai penting sebagai wujud komitmen menyukseskan gelaran pertemuan Parlemen dari seluruh dunia tersebut.

“Kita sudah koordinasikan dengan seluruh stakeholder yang ada di Bandara, di Bea Cukai, yang ada di luar bandara dengan TNI-Polri, dengan Pemprov, untuk berkomitmen menyukseskan acara IPU yang ke-144 yang akan dilaksanakan di Nusa Dua Bali, pada bulan Maret nanti," sebut Indra.

Menutup tinjauan tersebut, Indra optimis penyelenggaraan IPU Assembly ke-144 di Nusa Dua, Bali akan berlangsung dengan sangat baik. "Karena semua punya komitmen yang sama menginginkan kedatangan tamu-tamu negara, tamu-tamu asing ini bisa kita berikan pelayanan yang terbaik tentunya," tutup Indra.

Selain melihat mekanisme alur kedatangan dari luar negeri, tim juga menggelar pertemuan dengan berbagai stakeholder untuk membahas persiapan dalam mendukung terselenggaranya agenda IPU Assembly ke-144. Instansi-instansi yang hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya adalah Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Bali, serta Kepala Biro Protokol dan Humas Provinsi Bali.

Selanjutnya, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara I Gusti Ngurah Rai, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Denpasar, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Ngurah Rai, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Bandara Ngurah Rai, General Manajer Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Ketua AOC, General Manajer PT Gapura Angkasa dan General Manajer PT Jasa Angkasa Semesta.

KEYWORD :

Indra Iskandar Sekjen DPR BKSAP DPR Inter-Parliamentary Union (IPU)




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :