Senin, 29/04/2024 21:09 WIB

KPK Periksa Politikus PAN Teguh Juwarno

Teguh tak menampik diperiksa lantaran posisinya sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR saat proyek e-KTP begulir

e-KTP

Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Teguh Juwarno hari ini,  Rabu (14/12). Teguh diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) berbasis elektronik atau e-KTP tahun anggaran 2011-2012.

Pada kasus ini, menjerat tersangka mantan Direktur Pengelola Informasi dan Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil Kemdagri) Sugiharto. "Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Teguh telah memenuhi panggilan pemeriksaan. Teguh tak menampik diperiksa lantaran posisinya sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR saat proyek e-KTP begulir. "Saya waktu itu Wakil Ketua Komisi II, dari tahun 2009-2010. (tahun 2009-2010 pembahasannya) konsep soal e-KTP. Itu sementara yang bisa saya sampaikan," ujar Teguh.

Diakui Teguh, saat itu sudah dilakukan pembahasan anggaran, namun belum detail. Anggaran yang dibahas sendiri, kata Teguh, mencapai 6 miliar. "Kalau totalnya sekitar enam triliun. Hampir samalah seperti yang disampaikan," tutur dia.

Teguh angkat bicara soal tudingan eks bendum Partai Demokrat, M Nazaruddin kepada anggota Komisi II yang disebut turut kecipratan uang "panas" proyek e-KTP.  "Saya enggak tau sama sekali apalagi nazaruddin bilangnya tahun 2011, saya sudah enggak dikomisi II," kata dia.

Selain Teguh, penyidik KPK juga memeriksa dua saksi asal swasta. Keduanya yakni, Mansyur dan Bahnizal Hakim. Keduanya juga akan diperiksa untuk tersangka Sugiharto.

Dalam perkara ini, penyidik KPK baru menetapkan dua tersangka. Keduanya adalah Irman, mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri; serta Sugiharto, mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. Sugiharto juga merupakan pejabat pembuat komitmen proyek pengadaan e-KTP.

Terkait penyidikan kasus ini, KPK telah banyak memeriksa saksi. Mulai dari pihak swasta, ahli, Kemendagri, hingga legislator Senayan. Diantaranya, Markus Nari, Ganjar Pranowo, Chairuman Harahap, Taufiq Effendi‎.

KEYWORD :

Kasus e-KTP Teguh Juwarno




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :