Sabtu, 04/05/2024 20:46 WIB

Kepala BKKBN Ingatkan Nikah Tak Dipersiapkan Berujung Perceraian

Ada 7 juta pasangan yang bercerai di Indonesia dan angkanya terus naik tiap tahun.

Buku Nikah

JAKARTA, Jurnas.com – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo mengatakan, perkawinan tidak dipersiapkan, yang dapat berujung pada perceraian adalah menikah terlalu muda.

"Menikah terlalu muda juga terkait resiko kematian bagi ibu dan anak yang dilahirkan dikarenakan organ reproduksi wanita yang belum matang serta ketidaksiapan mental pasangan yang menikah muda usia," kata Hasto pada webinar Generasi Nikah Nanti, Sabtu (12/2).

Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) 2020, ada 7 juta pasangan yang bercerai di Indonesia dan angkanya terus naik tiap tahun. Persentase terbesar terjadi pada usia pernikahan 0-5 tahun dengan alasan perceraian tertinggi yakni perselisihan dan pertengkaran terus menerus.

"Pernikahan berkontribusi sebesar 50 persen sebagai stressor yang harus dihadapi oleh pasangan selain kehilangan orang-orang terdekat yang dicintai," tegas Hasto terkait kesiapan emosi dan mental pasangan yang akan menikah.

Duta Generasi Berencana (GenRe), Putri Gayatri yang juga sebagai narasumber pada seminar tersebut, menambahkan, sebaiknya para calon pasangan harus menjalani proses berkembang baik terlebih dahulu sebelum proses berkembang biak.

"Kita pria dan wanita sebelum menikah adalah sosok yang merdeka, berani, punya cita-cita dan mimpi, jangan sampai perkawinan yang tidak dipersiapkan dengan baik akan merubah semua itu," ungkap Putri.

Salah satu founder sekaligus coach Kelas Cinta, Jet Velveet mengingatkan para remaja untuk mempersiapkan diri sebelum menikah dengan mengenal diri terlebih dahulu.

"Apakah kamu saat ini sudah mengenal diri kamu sendiri, apakah kamu sudah tahu apa yang kamu inginkan sekarang, dalam semua hal, kamu sudah tahu apa prioritas diri kamu saat ini, disaat masih sendiri maupun disaat memiliki pasangan, termasuk apakah kamu mengetahui keadaan emosi dan mental diri sendiri?" kata Jet.

Jawaban dari semua pertanyaan di atas, kata Jet, adalah salah satu kunci mengetahui seberapa siap kita untuk menikah untuk menghindari resiko perceraian di awal masa pernikahan.

"Cinta saja tidak cukup untuk melakukan pernikahan, ada hal-hal lain yang harus dipersiapkan, yang pertama adalah persiapan terkait diri sendiri dan yang kedua adalah persiapan terkait calon pasangan," ungkapnya.

 

 

 

KEYWORD :

Real Madrid BKKBN nikah muda perceraian Hasto Wardoyo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :