Kamis, 19/05/2022 12:39 WIB

Finlandia Berlahan Longgarkan Pembatasan COVID-19

Pemerintah memutuskan untuk memulai pelonggaran hati-hati dengan melonggarkan pembatasan jam buka restoran sampai jam 9 malam dari penutupan wajib jam 6 sore yang saat ini berlaku.

Seorang pria menerima dosis booster vaksin penyakit virus corona (COVID-19) di pusat vaksin di Espoo, Finlandia, pada 4 Januari 2022. (Foto: Lehtikuva/Jussi Nukari/via Reuters)

HELSINKI, Jurnas.com - Finlandia akan mulai secara bertahap melonggarkan pembatasan COVID-19 mulai 1 Februari alih-alih pertengahan Februari seperti yang direncanakan semula karena beban rumah sakitnya berkurang.

Pada 18 Januari, Perdana Menteri Sanna Marin mengatakan ,Finlandia akan mulai mengurangi pembatasan mulai pertengahan Februari, tetapi tanda-tanda stabilisasi tingkat infeksi yang disebabkan oleh varian virus Omicron membuat pemerintah mengubah rencananya.

"Beban pada unit perawatan intensif telah berubah ke arah yang lebih baik," kata Menteri Kesehatan dan Sosial Finlandia Hanna Sarkkinen kepada wartawan, dikutip dari Reuters, Jumat (28/1).

Sarkkinen mengatakan, pemerintah memutuskan untuk memulai pelonggaran hati-hati dengan melonggarkan pembatasan jam buka restoran sampai jam 9 malam dari penutupan wajib jam 6 sore yang saat ini berlaku.

Pemerintah juga merekomendasikan pihak berwenang setempat mengizinkan pembukaan kembali tempat-tempat budaya dan olahraga seperti pusat kebugaran, kolam renang, dan teater mulai awal Februari.

Finlandia tetap menjadi salah satu negara yang paling sedikit terkena dampak pandemi. Menurut data lembaga kesehatan, negara berpenduduk 5,5 juta orang itu hingga saat ini mencatat 470.665 kasus COVID-19 dan 1.919 kematian terkait.

TAGS : Finlandia Pembatasan COVID-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :