Rabu, 06/07/2022 07:41 WIB

Swedia Tak Rekomendasikan Vaksin COVID-19 untuk Anak-anak

Keputusan itu dapat ditinjau kembali jika penelitian berubah atau jika varian baru mengubah pandemi.

Seorang sukarelawan menerima dosis vaksin CureVac atau plasebo selama penelitian oleh perusahaan biotek Jerman CureVac sebagai bagian dari pengujian vaksin baru melawan COVID-19, di Brussels, Belgia pada 2 Maret 2021. (Foto: REUTERS/Yves Herman)

STOCKHOLM, Jurnas.com - Swedia memutuskan untuk tidak merekomendasikan vaksin COVID-19 untuk anak-anak berusia lima hingga 11 tahun, Badan Kesehatan mengatakan pada Kamis (27/1). Alasannya, manfaatnya tidak lebih besar daripada risikonya.

"Dengan pengetahuan yang kami miliki saat ini, dengan risiko rendah penyakit serius bagi anak-anak, kami tidak melihat manfaat yang jelas dengan memvaksinasi mereka," kata pejabat Badan Kesehatan Britta Bjorkholm dalam konferensi pers, dikutip dari Reuters.

Dia menambahkan bahwa keputusan itu dapat ditinjau kembali jika penelitian berubah atau jika varian baru mengubah pandemi. Anak-anak dalam kelompok berisiko tinggi sudah bisa mendapatkan vaksin.

Keputusan itu diambil saat kasus COVID-19 melonjak. Pada Rabu (27/1), Swedia mencatat lebih dari 40.000 kasus baru, salah satu jumlah harian tertinggi selama pandemi, meskipun pengujian terbatas.

 

Pemerintah Swedia pada Rabu memperpanjang pembatasan, yang mencakup jam buka terbatas untuk restoran dan batas kehadiran untuk tempat-tempat dalam ruangan, selama dua minggu tetapi mengatakan mereka berharap untuk menghapusnya pada 9 Februari.

TAGS : Swedia Vaksin COVID-19 Anak-anak




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :