Jum'at, 17/05/2024 15:19 WIB

Tingkatkan Kinerja, UT Luncurkan Aplikasi Panutan

Peluncurkan aplikasi ini tak lepas dari kebutuhan UT sebagai perguruan tinggi jarak jauh dengan civitas akademika cukup besar, untuk mengelola administrasi dan layanan akademik yang modern, handal, serta akurat.

Universitas Terbuka meluncurkan Aplikasi Panutan (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Terbuka (UT) meluncurkan aplikasi terintegrasi, Bionic Office Integration System (BOIS) pada 27 Desember 2021 lalu. Aplikasi tersebut mulai dioperasikan pada Senin (3/1) ini.

Peluncurkan aplikasi ini tak lepas dari kebutuhan UT sebagai perguruan tinggi jarak jauh dengan civitas akademika cukup besar, untuk mengelola administrasi dan layanan akademik yang modern, handal, serta akurat.

Hadirnya BOIS diklaim dapat menjawab tantangan di era teknologi saat ini, di mana teknologi menjadi alat dalam mengefisienkan berbagai pekerjaan, menyederhanakan tahapan dalam penyelesaian pekerjaan.

Keuntungan lainnya, pekerjaan dapat dilaksanakan di manapun karena BOIS berbasis web, sehingga dapat mengefisiensi penggunaan ATK, mudah telusur balik (retrieve) atas dokumen yang diperlukan, serta efisiensi penyimpanan dokumen.

Diluncurkan secara resmi di sela apel pagi dengan nama Portal Aplikasi Naskah Dinas UT dan Administrasi Perkantoran (Panutan), Rektor UT Ojat Darojat, menekankan bahwa transaksi digital merupakan budaya kerja yang utama di UT.

Selain itu, tersedianya Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada aplikasi Panutan untuk mengurangi penggunaan kertas, namun dalam beberapa keadaan tanda tangan manual masih bisa digunakan.

"Hadirnya Panutan tentu mempunyai banyak manfaat yaitu dalam hal pelayanan administrasi dan akademik modern menjadi akurat dan cepat, mempermudah tracing dokumen serta efisiensi penggunaan ATK," ujar Ojat dikutip dari laman www.ut.ac.id.

Penanggung Jawab Bidang Kelembagaan, Pengembangan, dan Pengelolaan Sistem Informasi Pengadaan Barang Jasa, Antares Firman, mengungkapkan bahwa di era digital perubahan diperlukan untuk dapat mengejar perkembangan zaman.

Seperti diketahui UT mempunyai 39 UPBJJ-UT, Panutan menawarkan efesiensi waktu di antaranya dalam pengiriman surat menyurat jika dilakukan secara konvensional bisa memakan waktu yang cukup lama.

Dia memaparkan bahwa office automation telah mengalami perkembangan teknologi tidak hanya mengembangkan naskah dinas namun arahnya yaitu Enterprise Resource Planning (ERP).

"Untuk itu pada aplikasi Panutan selain adanya fasilitas naskah dinas juga memiliki fasilitas agenda, e-mail, video conference, TTE, Digital Attendance dan booking sarana dan prasarana," terang dia.

Aplikasi Panutan akan diterapkan mulai 3 Januari 2022. Sosialisasi dan pelatihan-pelatihan telah dilakukan di seluruh UPBJJ-UT dan setelah peluncuran akan sosialisasi unit-unit di UT Pusat. Pengelola aplikasi Panutan di bawah Sub bagian TU BKUK.

KEYWORD :

Aplikasi Panutan Universitas Terbuka Ojat Darojat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :