Kamis, 27/01/2022 01:08 WIB

Pasien Varian Omicron Transmisi Lokal Diisolasi di RSPI

Kemenkes memutuskan kasus pertama varian Omicron pindah ke RSPI Sulianti Saroso

RSPI Sulianti Saroso. (Foto: halodoc.com)

Jakarta, Jurnas.com - Pasien Covid-19 varian Omicron dari transmisi lokal saat ini diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof Dr Sulianti Saroso untuk memastikan dan meminimalisasi segala kemungkinan yang terjadi.

“Kita tahu fasilitas untuk rumah sakit jauh lebih baik untuk isolasi sambil kita mempelajari pola-pola klinis dari pada Omicron yang tertular dengan transmisi lokal ini,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi pada konferensi pers terkait “Perkembangan Pandemi Covid-19: Temuan Kasus Transmisi Lokal Omicron" secara virtual, Selasa (28/12/2021).

Ditambahkan Nadia, pada prinsipnya pengendalian infeksi akan lebih baik dan akan lebih ketat pengawasannya.

Oleh karena itu, Kemenkes memutuskan kasus pertama varian Omicron pindah ke RSPI Sulianti Saroso, dan tidak dilakukan karantina atau isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet.

Kendati demikian, Nadia menegaskan kondisi klinis dari pasien Covid-19 varian Omicron transmisi lokal tersebut berstatus orang tanpa gejala (OTG).

“Kondisi klinis yang bersangkutan sebenarnya tidak bergejala sama sekali. Jadi sama sekali, kita tidak temukan gejala sampai dengan hari ini. Artinya, sejak dia terdiagnosa positif dengan rapid antigen, kemudian dengan pemeriksaan PCR positif tanggal 20 Desember hingga tanggal 27 tidak ada gejala khusus ataupun tidak ditemukan gejala,” ujar Nadia. (sf)

TAGS : Covid-19 Omicron RSPI Sulianti Saroso




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :