Sabtu, 13/08/2022 20:45 WIB

Menko Airlangga Terus Dorong Penyaluran KUR Pertanian

Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto mengapresiasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian yang digulirkan Kementerian Pertanian selama beberapa tahun terakhir.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyerahkan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada petani jagung di Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar, Rabu (12/2).

Jakarta, Jurnas.com - Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto mengapresiasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian yang digulirkan Kementerian Pertanian selama beberapa tahun terakhir. Menurutnya, fasilitas KUR mampu memberi dampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Apalagi, kata Menko, selama ini layanan KUR mampu membuat banyak petani kembali menghidupkan usaha taninya.

"Karena itu penyaluran KUR pertanian terus kita dorong. Mengapa demikian? karena KUR terbukti menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi nasional, dimana saat ini telah dinikmati oleh 7,5 juta debitur dan permintaannya terus meningkat," ujar Menko Airlangga dalam Seminar Nasional Outlook Pertanian Indonesia 2022 dan Launching Buku Kisah Inspiratif Alumni FP UNS yang digelar, Selasa, 21 Desember 2021.

Airlangga mengatakan sejauh ini kebijakan dan akses KUR mampu mendukung strategi di bidang pangan yang dijalankan pemerintah. Program tersebut meliputi stabilitas harga dan pasongan pangan, pengembangan kawasan holtikultura orientasi ekpor, pengembangan kemitraan closed loop holtikultura dan peremajaan sawit rakyat.

"KUR juga berdampak besar terhadap pengembangan usaha peternakan terintegrasi, pengembangan industri rumput laut, padat karya pertanian dan perikanan, kartu tani pupuk bersubsidi, pengendalian alih fungsi lahan dan pengembangan korporasi petani," katanya.

Airlangga menambahkan, kehadiran KUR sebagai sarana modal pertanian harus bisa mengangkat kesejahteraan petani dengan melakukan produksi hilirisasi. Yang pasti, kehadiran KUR harus mampu menguatkan ketahanan pangan nasional.

"Pemerintah terus melakukan beberapa kebijakan termasuk kemudahan perizinan, sinergitas dengan BUMN dan penguatan kerjasama antar daerah," katanya.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa penyaluran KUR terbukti mampu menjadi penyangga ekonomi petani di tiap daerah. Karena itu dia berharap semua stakeholder bekerja keras agar KUR Pertanian dapat terus diserap petani.

"Dengan adanya KUR, roda perekonomian dasar masyarakat kembali bergerak saat pandemi ini. Kita harapkan ke depan semakin terserap," tutupnya.

TAGS : Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Kredit Usaha Rakyat Pertanian




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :