Selasa, 07/05/2024 15:15 WIB

Ilmuwan Temukan Fosil Kaki Seribu Raksasa, Beratnya 50 Kg

Sekelompok ilmuwan mengklaim telah menemukan fosil kaki seribu raksasa terbesar yang pernah ada, di sebuah pantai di Northumberland, Inggris secara kebetulan.

Fosil kaki seribu (Foto: BBC)

London, Jurnas.com - Sekelompok ilmuwan mengklaim telah menemukan fosil kaki seribu raksasa terbesar yang pernah ada, di sebuah pantai di Northumberland, Inggris secara kebetulan.

Kaki seribu atau yang dikenal sebagai Arthropleura itu, diperkirakan memiliki panjang lebih dari 2,5 meter. Beratnya sekitar 50 kilogram.

Segmen fosil pertama kali terlihat pada tahun 2018 ketika sebongkah besar batu pasir jatuh ke pantai di Howick Bay. Fosil ini rencananya akan ditampilkan di Museum Sedgwick Cambridge tahun depan.

"Itu adalah penemuan yang kebetulan," kata Dr Neil Davies, dari Departemen Ilmu Bumi Cambridge, yang telah menganalisis fosil sepanjang 75 cm itu dikutip dari BBC pada Selasa (21/12).

"Batu itu jatuh, retak terbuka dan dengan sempurna mengekspos fosil yang kebetulan ditemukan oleh salah satu mantan mahasiswa PhD kami ketika berjalan melewatinya," sambung dia.

Kaki seribu raksasa itu diyakini hidup 326 juta tahun yang lalu, di timur laut Inggris yang memiliki iklim yang jauh lebih tropis daripada sekarang.

Spesimen ini ditemukan di tempat yang diyakini para peneliti sebagai saluran sungai tua. Ini mungkin sebenarnya bukan fosil makhluk mati, tetapi kerangka luar yang terlepas saat kaki seribu besar tumbuh.

"Menemukan fosil kaki seribu raksasa ini jarang terjadi, karena begitu mereka mati, tubuh mereka cenderung tidak beraturan, jadi kemungkinan besar fosil tersebut adalah karapas yang berganti kulit yang ditumpahkan hewan saat tumbuh," ungkap Davies.

"Kami belum menemukan fosil kepala, jadi sulit untuk mengetahui segalanya tentang mereka," lanjut dia.

Satu hal yang dapat dikatakan dengan pasti ialah, kesamaan dengan hampir semua kaki seribu, ia tidak memiliki 1.000 kaki namun jumlahnya sekitar 32 hingga 64.

Fosil ini hanyalah Arthropleura ketiga yang ditemukan, dan jauh lebih tua dan lebih besar dari dua spesimen sebelumnya yang keduanya ditemukan di Jerman.

Para peneliti percaya bahwa untuk mencapai ukuran sebesar itu, Arthropleura harus mengonsumsi makanan bergizi tinggi, yakni kacang-kacangan, dan biji-bijian dengan makhluk kecil dan amfibi.

KEYWORD :

Kaki Seribu Fosil Raksasa Hewan Purbakala




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :