Sabtu, 20/04/2024 10:19 WIB

Bangun Inklusif Desa dengan Program Desa Brilian 2021

Menyeleksi 2.062 desa sebagai kandidat.

Pagelaran Desa Brilian Indonesia 2021

Jakarta, Jurnas.com - Inklusi keuangan Desa menjadi salah satu kunci dalam percepatan pembangunan Desa. Salah satunya melalui Program Desa Brilian 2021 yang diharap bisa menghasilkan role model dalam pengembangan desa yang unggul.

"Program Desa Brilian 2021 juga mengusung semangat kolaborasi untuk mengoptimalkan potensi desa berbasis Sustainable Development Goals (SDG’s)," kata Wakil Direktur BRI Catur Budi Harto dalam diskusi interaktif Bincang Desa Brilian, dikutip Jumat (17/12/2021).

Bincang Desa Brilian adalah salah satu dalam rangkaian Pagelaran Desa Brilian Indonesia 2021. Selatan itu juga diadakan malam apresiasi dengan tajuk “Nugraha Karya Desa Brilian”.

Acara itu menghadirkan Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting, Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa - Kementerian Desa dan PDTT Harlina Sulistyorini, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari, serta Kepala Desa Finalis Desa BRILian Indonesia.

"Peran BRI tidak terbatas sebagai financial intermediary, juga memiliki fungsi sebagai empowerment atau pemberdayaan individu, pelaku usaha, hingga ke lembaga desa" tegas Catur Budi.

Penyelenggaraan Desa Brilian 2021 adalah yang keempat kalinya. Panitia menyeleksi 2.062 desa sebagai kandidat. Puncak acara Desa Brilian 2021 menghadirkan diskusi terkait potensi wisata dan industri kreatif, inklusi keuangan desa, perspektif media dalam mengamati perkembangan desa, serta langkah inovatif desa.

Dalam kesempatan tersebut, dihadirkan juga desa inspiratif, yaitu desa-desa yang berhasil bangkit dari dampak pandemi Covid-19. Desa inspiratif tersebut meliputi Desa Penggarit Pemalang, Desa Tebara Waikabubak, dan Desa Klangon Malang.

Keberhasilan ini pun tidak lepas dari peran pemberdayaan BRI dalam menciptakan ketangguhan ekonomi desa. Hal ini dilakukan melalui edukasi dan literasi dari para mantri BRI sebagai Financial Advisor level Desa, sekaligus penyuluh keuangan digital bagi masyarakat desa.

Ke depan, desa-desa yang telah mengikuti Program Desa Brilian diharapkan dapat terus menciptakan social value maupun economic value. Dengan demikian, bisa menjadi semangat dan inspirasi bagi desa-desa lain di seluruh pelosok Indonesia.

KEYWORD :

Program Desa Brilian 2021 Pemberdayaan Inspiratif inklusi keuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :