Kamis, 27/01/2022 00:54 WIB

Menteri BUMN Harus Turun Tangan Atasi Tunggakan Pensiunan Karyawan PTPN IX

Itu kan hak mereka, maka sebaiknya segera diselesaikan untuk dibayarkan kepada 575 pensiunan PTPN IX, yang jumlah masing-masing orangnya bervariatif.

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Golkar, Nusron Wahid alias Gus Nusron. (Foto: Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Kalangan dewan meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk bertindak cepat dalam membayarkan Santunan Hari Tua (SHT) pensiunan tahun 2018-2021 PT Perkebunan Nasional IX.

Anggota Komisi VI DPR RI, Nusron Wahid menegaskan, pembayaran itu harus dilakukan mengingat uang pensiun sebesar Rp 60,9 Triliun itu merupakan hak dari 575 orang pensiunan PTPN IX.

"Itu kan hak mereka, maka sebaiknya segera diselesaikan untuk dibayarkan kepada 575 pensiunan PTPN IX, yang jumlah masing-masing orangnya bervariatif," tegas dia dalam rapat kerja dengan Menteri BUMN, Erick Thohir di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (2/12).

Dalam kesempatan itu, Nusron menjelaskan kepada Menteri Erick kalau para pensiun selama ini terus berupaya mendapatkan hak mereka. Salah satunya dengan cara bertemu manajemen PTPN IX. Kenyataannya, pemberian SHT yang harusnya bisa dicicil tiap tahun tidak terealisasi sebagaimana diharapkan.

"Dana ini kan diambil dari iuran dari potongan gaji mereka. Kenapa setelah pensiun tidak diberikan?" tanya Nusron ketus.

"Harus ada komitmen dari PTPN Holding, sebab mereka tahun ini untung. Apa artinya mendapatkan keuntungan kalau pensiunan dan santunan hari tua tidak dibayar," sambungnya tegas.

Oleh karena itu, politisi Golkar ini kembali meminta Menteri Erick untuk turun tangan membantu para pensiun.

“Pak Erick yang membawahi PTPN IX sebagai salah satu BUMN sudah selayaknya untuk turun tangan," demikian Nusron Wahid

Untuk diketahui, para pensiunan PTPN IX yang jumlahnya lebih dari 500 orang hibgga kini belum mendapatkan SHT.

Adapun dana SHT para pensiunan bervariasi mulai dari Rp 175 juta hingga Rp 500 juta. Bahkan, sebagian diantaranya belum mendapatkan SHT sepeser pun.

TAGS : Warta DPR Komisi VI Menteri BUMN PTPN IX Nusron Wahid Pensiunan Erick Thohir




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :