Jum'at, 26/04/2024 14:04 WIB

Gawat, Korea Selatan Catat Rekor Harian Kasus COVID-19

Korea Selatan bulan ini beralih ke rencana

Ilustrasi virus corona (Foto: Lizabeth Menzies/AFP)

SEOUL, Jurnas.com - Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) mengatakan, Korea Selatan melaporkan rekor harian baru 4.116 kasus COVID-19 untuk Selasa (23/11).

Bulan ini, Korea Selatan beralih ke rencana "hidup dengan COVID-19" yang bertujuan untuk mencabut aturan jarak yang kaku dan akhirnya membuka kembali setelah mencapai tujuan vaksinasi bulan lalu.

"Melihat wilayah metropolitan Seoul saja, situasinya cukup kritis untuk memberlakukan rencana darurat kapan saja," kata Perdana Menteri Kim Boo-kyum pada pertemuan tanggapan COVID-19.

Dia meminta otoritas kesehatan untuk mengklasifikasikan pasien berdasarkan tingkat keparahan gejala dan menggunakan pilihan pengobatan sendiri untuk kasus ringan atau tanpa gejala.

Kim mengatakan, kurang dari 20 persen merawat diri mereka sendiri di rumah minggu lalu.

KDCA mengatakan rencana darurat dapat diberlakukan jika dan ketika kapasitas tempat tidur ICU nasional melebihi 75 persen atau tergantung pada penilaian risiko yang meninjau kekurangan respons medis, lonjakan jumlah pasien lanjut usia dan pengambilan suntikan penguat.

Rumah sakit merawat 586 pasien COVID-19 yang parah pada Selasa tengah malam, dengan cepat mengisi tempat tidur rumah sakit yang terbatas untuk kasus-kasus serius dan kritis. Lebih dari 85 persen dari mereka berusia 60 tahun ke atas, menurut data KDCA.

Setidaknya 69 persen tempat tidur ICU terisi secara nasional dan 83 persen di ibu kota Seoul dan daerah sekitarnya saja, karena otoritas kesehatan bergegas untuk mengamankan lebih banyak tempat tidur mengeluarkan perintah administratif.

Meskipun angka rawat inap meningkat, angka kematian di negara ini masih relatif rendah, yaitu 0,79 persen.

Korea Selatan adalah salah satu negara pertama yang mencatat kasus virus corona baru setelah muncul di China pada akhir 2019. Sejak itu memiliki 425.065 infeksi, dengan 3.363 kematian.

Negara ini telah sepenuhnya memvaksinasi 79,1 persen dari 52 juta penduduknya, sementara hanya 4,1 persen yang telah diberi dosis booster. (REUTERS)

KEYWORD :

KDCA Kasus COVID-19 Korea Selatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :