Sabtu, 13/08/2022 18:55 WIB

Putri Presiden Filipina Duterte Ajukan Diri Jadi Wapres

Calon wakil presiden dari partai Lakas-CMD mencabut sertifikat pencalonannya dan menggantikannya dengan Sara Duterte-Carpio.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte tiba bersama putri dan ibu negara Sara Duterte-Carpio untuk menghadiri upacara penobatan Kaisar Jepang Naruhito di Tokyo, Jepang, pada 22 Oktober 2019. (Foto: Pool via Reuters/Carl Court)

MANILA, Jurnas.com - Komisi Pemilihan Umum (COMELEC) mengatakan pada Sabtu (13/11), putri pemimpin Filipina Rodrigo Duterte mengajukan pencalonannya sebagai wakil presiden.

Di halaman Facebooknya, COMELEC mengatakan, calon wakil presiden dari partai Lakas-CMD mencabut sertifikat pencalonannya dan menggantikannya dengan Sara Duterte-Carpio.

"Surat substitusi diajukan oleh seorang perwakilan," kata COMELEC.

Seorang juru bicara Duterte-Carpio yang berusia 43 tahun mengkonfirmasi pengajuan tersebut dan mengatakan akan segera merilis pernyataan.

Keputusan Duterte-Carpio untuk mencari pekerjaan nomor dua di negara itu mengejutkan karena dia telah memimpin jajak pendapat sepanjang tahun ini sebagai calon presiden pilihan.

"Itu mengejutkan," Antonio La Vina, profesor hukum dan politik di Universitas Ateneo de Manila mengatakan kepada Reuters. "Kejutan berikutnya adalah VP untuk siapa."

Ayah Duterte-Carpio yang berusia 76 tahun dilarang oleh Konstitusi untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan enam tahun kedua. Dia mengatakan bulan lalu dia pensiun dari politik.

Negara Asia Tenggara berpenduduk 110 juta orang itu mengadakan pemilihan umum pada Mei 2022 untuk posisi dari presiden hingga gubernur, walikota, dan pejabat lokal. (Reuters)

TAGS : Pemilu Filipina Rodrigo Duterte Sara Duterte-Carpio




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :