Sabtu, 13/08/2022 18:46 WIB

Putri Presiden Rodrigo Duterte Gabung di Partai Baru

Sara Duterte-Carpio, 43, mengundurkan diri pada Selasa dari pemilihan tahun depan walikota kota Davao.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte tiba bersama putri dan ibu negara Sara Duterte-Carpio untuk menghadiri upacara penobatan Kaisar Jepang Naruhito di Tokyo, Jepang, pada 22 Oktober 2019. (Foto: Pool via Reuters/Carl Court)

MANILA, Jurnas.com - Putri populer pemimpin Filipina Rodrigo Duterte pada Kamis (11/11) bergabung dengan sebuah partai politik baru. Keputusan tersebut terjadi hanya beberapa hari dari tenggat waktu untuk mengubah kandidat untuk pemilihan presiden 2022.

Sara Duterte-Carpio, 43, mengundurkan diri pada Selasa dari pemilihan tahun depan walikota kota Davao. Dia memimpin jajak pendapat sepanjang tahun ini tentang kandidat pilihan untuk presiden, sebuah jabatan yang berulang kali dia katakan dia tidak tertarik untuk mengejarnya.

Duterte-Carpio adalah pemimpin yang menjanjikan dan aset yang luar biasa, kata anggota kongres Martin Romualdez, presiden Lakas-CMD, partai yang dikendalikan oleh mantan presiden Gloria Macapagal-Arroyo, seorang pialang kekuatan politik utama.

Partai tersebut telah mencalonkan calon presiden dan wakil presiden, tetapi mereka secara luas dipandang sebagai pengganti yang dapat diganti pada menit terakhir. Batas waktu untuk perubahan adalah 15 November.

Seorang juru bicara Duterte-Carpio tidak segera menanggapi permintaan untuk mengomentari rencananya.

Partai politik PDP-Laban ayahnya mengatakan pada hari Rabu bahwa pihaknya mengamati "dengan penuh minat" gerakan Duterte-Carpio, menambahkan bahwa keputusan untuk mencari jabatan nasional "pasti akan mempengaruhi lanskap politik".

Duterte pernah mengatakan kepresidenan bukanlah pekerjaan untuk seorang wanita, tetapi kemudian menyarankan putrinya dapat bekerja sama dengan salah satu loyalisnya untuk mencalonkan diri.

Rodrigo Duterte, 76, yang tidak dapat mencalonkan diri kembali, juga merupakan pengganti 11 jam pada tahun 2015 menjelang pemilihan yang dimenangkannya dengan meyakinkan.

Pengamat politik telah mengantisipasi putrinya mungkin melakukan hal yang sama.

Analis politik Temario Rivera mengatakan "sangat jelas" Duterte-Carpio akan mencari posisi nasional, tetapi kemungkinan dia bekerja sama dengan calon presiden lainnya, Ferdinand Marcos Jr, tetap ada.

Putra dan senama mendiang diktator Filipina, yang telah mendaftar untuk mencalonkan diri sebagai presiden di bawah partai yang berbeda, belum menunjuk seorang wakil presiden.

"Jika mereka berlari bersama, apakah itu Marcos-Sara atau Sara-Marcos, itu akan menjadi tim yang tangguh," kata Rivera kepada Reuters.

Negara Asia Tenggara berpenduduk 110 juta orang itu mengadakan pemilihan umum pada Mei 2022 untuk posisi dari presiden hingga gubernur, walikota, dan pejabat lokal.

Selain Marcos, calon presiden lainnya dalam pemilihan tahun depan termasuk mantan juara tinju Manny Pacquiao, wakil presiden Leni Robredo, walikota Manila Francisco Domagoso, senator Panfilo Lacson, dan mantan kepala polisi Duterte Ronald dela Rosa. (Reuters)

TAGS : Sara Duterte-Carpio Pemilu Filipina Rodrigo Duterte




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :