Kamis, 02/12/2021 10:35 WIB

Selidiki Tabrakan LRT di Munjul, KNKT Akan Turun Langsung

KNKT akan langsung turun tangan dalam penyelidikan terjadinya tabrakan LRT di Munjul, kemarin.

Tabrakan LRT di Munjul, Jaktim. (Foto: Jurnas/@instagram @julianaadev).

Jakarta, Jurnas.com- PT Industri Kereta Api atau PT INKA  menjelaskan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan turun tangan dalam menyelidiki penyebab tabrakan LRT di Munjul, Jakarta Timur pada Senin (25/10/2021) sore.

Direktur Utama PT INKA, Budi Noviantoro menyebut KNKT akan membuka black box kereta untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut.

"Kenapa cepat, itu nanti diinvestigasikan, kecepatan akan diukur, nanti semuanya akan ketauan seperti dari black box. Nanti yang akan membuka pihak KNKT," ujar Budi dalam keterangannya.

Menurut Budi, jika hasil investigasi telah selesai maka dua kereta LRT tersebut akan dikembalikan ke kantor INKA di Madiun, Jawa Timur untuk dilakukan perbaikan.

"Tim dari KNKT akan jalan untuk melakukan investigasi dan selanjutnya dua kereta akan dikirim ke INKA Madiun untuk diperbaiki," jelasnya.

Sebelumnya, Budi Noviantoro menyebut dugaan awal kecelakaan tersebut karena masinis kereta yang terlalu cepat saat dalam proses langsir. Proses langsir sendiri merupakan pergerakan rangkaian kereta, khususnya gerbong dan rel untuk berpindah jalur.

"Indikasi awalnya, masinis saat langsir terlalu cepat," kata Budi dalam konferensi pers.

Akibat peristiwa tersebut, satu orang masinis menjadi korban dan mengalami luka ringan serta telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

TAGS : KNKT Tabrakan LRT




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :