Minggu, 05/12/2021 15:20 WIB

5 Momen Tak Terlupakan sepanjang Sejarah El Clasico

Berlangsung sejak 1926 silam, El Clasico bertabur momen-momen seru, kontroversial, hingga dihiasi oleh para pemain bintang yang berlaga di sepak bola Eropa.

Luis Figo (Foto: Marca)

Jakarta, Jurnas.com - Real Madrid dan Barcelona akan bertemu dalam laga bertajuk El Clasico pada akhir pekan ini. Sampai detik ini, laga panas itu masih menjadi pertandingan paling bergensi dan ikonik di tanah Spanyol.

Berlangsung sejak 1926 silam, El Clasico bertabur momen-momen seru, kontroversial, hingga dihiasi oleh para pemain bintang yang berlaga di sepak bola Eropa.

Dikutip dari Marca pada Jumat (22/10), berikut ini luma momen tak terlupakan El Clasico sepanjang masa:

1. Raul Membungkam Camp Nou

Pada Oktober 1999, Madrid vs Barca beradu dalam El Clasico terakhir abad ke-20. El Real tiba di Camp Nou dalam krisis, sebab pelatih John Toshack berada di bawah tekanan.

Toshack selanjutnya dipecat, tetapi tidak sebelum timnya menyelamatkan satu poin di Camp Nou. Barca yang sempat unggul, dibungkam oleh gol penyama kedudukan Raul Gonzalez pada menit ke-86.

2. Figo dan Kepala Babi

Luis Figo melakukan kepindahan kontroversial dari Barcelona ke Real Madrid, pada bursa transfer tahun 2000 silam.

Kepindahan ini jelas membuat penggemar El Blaugrana marah, hingga pada El Clasico selanjutnya, pemain Portugal itu dilempari kepala babi, saat hendak mengeksekusi tendangan sudut.

3. Gestur Tangan Pique

Laga ini adalah pertama kalinya Jose Mourinho dan Pep Guardiola bertemu sebagai pelatih Real Madrid dan Barcelona.

Barcelona mengalahkan Los Blancos 5-0, dan Gerard Pique melakukan salut lima jari yang terkenal untuk menandai kesempatan itu.

4. Tendangan Pepe ke Dani Alves

Salah satu pertandingan El Clasico terbaik sepanjang masa ialah ketika Barcelona mengunjungi Real Madrid di leg pertama semifinal Liga Champions pada tahun 2011.

Laga berlangsung ketat dan ketat, namun mengubah cara Barcelona saat Pepe mendapat kartu merah karena menendang Dani Alves.

Barcelona akhirnya menang 2-0, dan Mourinho marah karena timnya menderita di tangan wasit.

5. Mourinho menusuk mata Vilanova

Pada musim panas 2011, ketegangan terjadi antara Real Madrid dan Barcelona setelah pertandingan Liga Champions musim semi sebelumnya.

Penentuan gelar LaLiga Santander ini adalah perang. Mesut Ozil, Marcelo dan David Villa mendapatkan kartu merah sebelum Mourinho menusuk mata asisten pelatih Blaugrana Tito Vilanova.

Barcelona menang 3-2, tetapi menyisakan rasa canggung di tim nasional Spanyol, yang diisi banyak pemain kedua tim.

TAGS : El Casico Real Madrid Barcelona Momen Tak Terlupakan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :