Minggu, 05/12/2021 14:44 WIB

Presiden Jokowi Jajal Jembatan Sei Alalak Naik Rantis Canggih Anti Peluru

Dapat mendeteksi arah tembakan musuh

Presiden Jokowi naik Kendaraan Taktis (Rantis) anti peluru canggih saat meresmikan Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021).

Banjarmasin, Jurnas.com - Kendaraan taktis (rantis) P6 ATAV V1 milik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) melaju melintasi jembatan Sei Alalak, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021). 

Rantis itu membawa Presiden Joko Widodo menuju Jembatan Sei Alalak dari RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh, Kota Banjarmasin.

Presiden tampak duduk di kursi depan, sementara Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno turut di kursi baris kedua.

Setelah meresmikan Jembatan Sei Alalak, Presiden kemudian kembali menaiki rantis tersebut untuk menjajal jembatan. Kali ini giliran Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina yang turut serta naik rantis.

Selepas itu, Presiden dan rombongan menuju ke Pangkalan TNI AU Syamsudin Noor, Kota Banjarbaru, untuk kemudian lepas landas kembali ke Jakarta.

Sekilas tentang Mobil Rantis P6 ATAV V1

Rantis P6 ATAV V1 adalah sebuah kendaraan taktis all terrain assault vehicle (ATAV) yang dirancang untuk pasukan khusus serta bisa melahap segala medan.

Kendaraan Tempur ini diproduksi oleh PT Sentra Surya Ekajaya yang berpusat di Tangerang, Banten. Perusahaan ini diketahui adalah salah satu penyedia kendaraan tempur untuk pasukan khusus TNI Angkatan Darat, Laut, dan Udara.

Berdasarkan informasi di laman resmi perusahaan, Rantis P6 ATAV V1 dipacu mesin 4 silinder turbo diesel berkapasitas 2.500 cc yang menghasilkan tenaga 142 HP pada putaran 3.400 rpm. Kapasitas mesinnya adalah 2500cc.

Mobil dengan penampilan gahar ini berpenggerak 4 roda dan dilengkapi dengan independent suspension sehingga lebih lincah. Bobotnya juga sangat ringan, karena terbuat dari material khusus.

P6 ATAV V1 memiliki fitur keamanan yang lengkap, karena seluruh lapisan bodi dari mobil tersebut adalah baja antipeluru. Termasuk pada bagian kaca depan.

Kelebihan lainnya adalah ATAV V1 ini dapat mendeteksi arah tembakan musuh dengan teknologi Gunshot Detection System.

TAGS : Jembatan Sei Alalak Rantis Presiden Jokowi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :