Minggu, 05/12/2021 14:32 WIB

Presiden Vladimir Putin Tak akan Hadir di KTT Iklim COP26

Para pemimpin dunia berkumpul di kota Skotlandia bulan depan untuk pertemuan puncak bersejarah yang disebut sebagai kesempatan terbaik terakhir umat manusia untuk mengendalikan perubahan iklim yang menghancurkan.

Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto Reuters)

MOSKOW, Jurnas.com - Presiden Rusia, Vladimir Putin dikabarkan tidak akan menghadiri pertemuan puncak iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-26, atau COP26 bulan depan.

"Sayangnya, Putin tidak akan terbang ke Glasgow," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, menambahkan bahwa perubahan iklim adalah salah satu prioritas terpenting kebijakan luar negeri Rusia.

Para pemimpin dunia berkumpul di kota Skotlandia bulan depan untuk pertemuan puncak bersejarah yang disebut sebagai kesempatan terbaik terakhir umat manusia untuk mengendalikan perubahan iklim yang menghancurkan.

Rusia saat ini merupakan penghasil karbon tertinggi keempat, dan para kritikus mengatakan negara itu melakukan jauh dari cukup untuk mengatasi krisis lingkungan.

Peskov mengatakan pihak Rusia akan diwakili di KTT tetapi mengatakan rinciannya akan dirilis di kemudian hari.

Diadakan antara 31 Oktober dan 12 November, pertemuan itu akan menjadi konferensi iklim terbesar sejak pembicaraan penting di Paris pada 2015, dan dipandang sebagai langkah penting dalam menetapkan target emisi di seluruh dunia untuk memperlambat pemanasan global.

Pekan lalu, Putin mengatakan bahwa Rusia, salah satu produsen minyak dan gas terbesar di dunia, menargetkan netralitas karbon pada tahun 2060.

Rusia memanas 2,8 kali lebih cepat daripada rata-rata global, dengan mencairnya lapisan es Siberia, yang menutupi 65 persen daratan Rusia, melepaskan sejumlah besar gas rumah kaca.

utin mengatakan pekan lalu Rusia akan berusaha untuk menjadi netral karbon selambat-lambatnya tahun 2060. Dia mengatakan hidrogen, amonia dan gas alam kemungkinan akan memainkan peran yang lebih besar dalam bauran energi di tahun-tahun mendatang dan bahwa Rusia siap untuk berdialog tentang cara mengatasi iklim.

Sebelum pengumuman Kremlin, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan kepada investor pada hari Selasa bahwa akan ada kehadiran yang baik di COP26. "Sepertinya banyak orang akan bisa datang sendiri," katanya.

TAGS : ladimir Putin Perubahan Iklim Rusia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :