Minggu, 17/10/2021 03:30 WIB

Tembus 111 Juta Penonton, Squid Game Jadi Serial Netflix Terbesar

Sejak debutnya kurang dari empat minggu lalu, serial ini telah menarik 111 juta penonton.  

Ilustrasi Squid Game.(Foto: Reuters/Kim Hong-ji)

LOS ANGELES, Jurnas.com - Drama Korea Selatan Squid Game resmi menjadi serial original Netflix yang paling populer. Sejak debutnya kurang dari empat minggu lalu, serial ini telah menarik 111 juta penonton.  

Menjadi serial terpopuler di seluruh dunia, yang belum pernah terjadi sebelumnya, Squid Game menggambarkan dunia yang mengerikan di mana orang-orang terpinggirkan diadu satu sama lain dalam permainan anak-anak tradisional.

Pemenang bisa mendapatkan jutaan uang tunai, sementara pemain yang kalah terbunuh.

Tersebar di seluruh dunia dari mulut ke mulut, terutama melalui media sosial, Squid Game telah menduduki puncak tangga lagu Netflix di lebih dari 80 negara. "Squid Game secara resmi telah mencapai 111 juta penggemar - menjadikannya peluncuran seri terbesar kami!" kicau Netflix, Selasa (12/10).

Serial ini mencapai total itu dalam 27 hari, sejak dirilis pada 17 September, dengan mudah melampaui drama kostum Inggris Bridgerton, yang disiarkan oleh 82 juta akun dalam 28 hari pertama.

Netflix memberikan informasi terbatas tentang melihat angka untuk platformnya dan memotong data yang disediakannya dengan berbagai cara. Angka debut 28 hari yang dirilis untuk Bridgerton dan acara lainnya termasuk akun apa pun yang menonton episode setidaknya selama dua menit.

Co-CEO dan Chief Content Officer Netflix Ted Sarandos mengatakan pada konferensi teknologi di California bulan lalu bahwa layanan streaming terkejut dengan betapa populernya Squid Game. "Kami tidak melihat itu datang, dalam hal popularitas globalnya," katanya.

Keberhasilan Squid Game memperkuat pengaruh Korea Selatan yang semakin besar pada budaya populer global, mengikuti band K-pop seperti BTS dan film pemenang Oscar Parasite.

Ini juga merupakan keberhasilan terbaru bagi tawaran Netflix untuk memproduksi lebih banyak konten berbahasa internasional dan non-Inggris. Debut seri ketiga yang paling banyak ditonton streamer misalnya adalah Lupin berbahasa Prancis.

Netflix menawarkan Squid Game dalam versi dubbing dan subtitle dalam berbagai bahasa, memperluas audiens potensialnya.

Serial ini sangat populer sehingga penyedia layanan Internet Korea Selatan SK Broadband menggugat Netflix untuk membayar biaya dari peningkatan lalu lintas jaringan dan pekerjaan pemeliharaan karena lonjakan pemirsa.

Seorang wanita Korea Selatan sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan AS tentang kompensasi setelah dia dibanjiri dengan ribuan panggilan prank dan pesan teks ketika nomor teleponnya secara tidak sengaja disorot sebagai titik plot utama dalam seri.

Pada bulan Februari, platform streaming paling populer di dunia mengumumkan rencana untuk menghabiskan US$500 juta tahun ini saja untuk serial dan film yang diproduksi di Korea Selatan. (CNA)

TAGS : Korea Selatan Squid Game




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :