Sabtu, 21/09/2024 07:53 WIB

Bom ISIS Tewaskan 100 Orang Peziarah

Para peziarah yang menjadi korban diketahui sedang dalam perjalanan kembali ke Iran dari kota suci Syiah Irak, Karbala.

Ledakan bom bunuh diri di sebuah pom bensin di kota Hilla 100 kilometer di selatan Baghdad, Irak

Hilla- Sekitar 100 orang tewas, setelah  bom truk bunuh diri meledak  di sebuah pom bensin di kota Hilla 100 kilometer di selatan Baghdad, Irak, pada Kamis waktu setempat. Para korban, kebanyakan adalah peziarah Syiah Iran.

Dilansir Reuters,  ISIS atau  kelompok militan ultra garis keras Sunni yang menganggap semua orang Syi`ah adalah murtad, mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Kelompok ini juga menentang serangan AS ke Mosul, di Irak utara, yang menjadi tempat  milisi Syiah Iran yang terlatih ikut mengambil bagian.

Para peziarah yang menjadi korban diketahui sedang dalam perjalanan kembali ke Iran dari kota suci Syiah Irak, Karbala. Di mana mereka memperingati Arbaeen, 40 hari berkabung atas pembunuhan Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad, pada abad ke-7.

Pom bensin tersebut memiliki sebuah restoran di tempat yang yang populer dengan wisatawan. Lima bus peziarah terbakar oleh kekuatan ledakan dari truk bermuatan bahan peledak.

ISIS semakin rutin melancarkan  serangan selama bulan lalu di luar daerah kendali dalam upaya melemahkan serangan diluncurkan pada 17 Oktober untuk merebut kembali Mosul, kota besar terakhir di bawah kontrolnya di Irak.

KEYWORD :

Teroris ISIS Bom Bunuh Diri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :