Senin, 17/01/2022 05:30 WIB

GERAKAN NEO-NAZI

Alt Right dan Alarm Tanda Bahaya

Sementara itu di Jerman, yang telah menebus masa lalu Nazi-nya, menyatakan bahwa salam Hitler dan simbol-simbol Nazi disebut ilegal yang dapat mengakibatkan kurungan penjara selama enam bulan.

Pendukung Alt Right saat kampanye Donald Trump.(foto:inquisitr)

Munculnya video Richard Spencer, menarik minat banyak publik. Kemunculan ini dikaitkan publik dengan penetapan Stephen Bannon sebagai kepala strategis Gedung Putih oleh Donald Trump. Publik mengecamnya, dan berharap Trump menarik kembali penetapan Bannon yang dianggap rasis dari posisinya di Gedung Putih.

Video Spencer itu menggambarkan, seperti deskripsi Spencer, bahwa Amerika adalah milik orang-orang kulit putih. Amerika adalah anak-anak matahari, dan Spencer mencela para kritikus yang menyebutnya sebagai "makhluk hina yang pernah berjalan di atas planet". Yel-yel dalam pidatonya disambut audiens dengan hormat tangan ala Nazi.

CEO Komite Yahudi Amerika (AJC), David Harris, mengatakan bahwa kelompok-kelompok itu pendukung anti-semitisme dan targetnya adalah minoritas, yang muncul saat kampanye presiden AS. Mereka penuh semangat, kata Harris, yang belum pernah terlihat selama beberapa dekade sebelumnya.

"Presiden terpilih Trump telah mengeluarkan pernyataan (tentang pertemuan Spencer), tetapi dengan asumsi kelompok itu tetap bertahan, akan perlu untuk terus mencari peluang bahwa ia (Trump) adalah presiden dari semua orang Amerika dan mengutuk Alt Right," kata Harris, seperti dikutip dari aljazeera, Rabu (23/11).

Sementara itu di Jerman, yang telah menebus masa lalu Nazi-nya, menyatakan bahwa salam Hitler dan simbol-simbol Nazi disebut ilegal yang dapat mengakibatkan kurungan penjara selama enam bulan. Negara-negara Eropa, seperti Prancis dan Austria, memiliki hukum yang serupa.

Seorang pejabat senior pemerintah Jerman, yang tidak mau disebut identitasnya, mengatakan bahwa keputusan Trump mengangkat Bannon ke Gedung Putih menunjukkan bahwa Trump "tidak bersedia melupakan gerakan dan mobilisasi kemarahan dan kebenciannya" yang menuai banyak kecaman.

Guy Verhofstadt, mantan Perdana Menteri Belgia yang juga anggota Parlemen Eropa, sebagaimana dikutip dari aljazeera mengatakan pada Selasa (22/11), bahwa Bannon memiliki upaya untuk memengaruhi pemilu di Prancis dan Jerman tahun depan dengan opini dan berita di Eropa melalui situsnya, Breibart News.[]

TAGS : alt right movement alarm tanda bahaya




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :