Sabtu, 21/05/2022 21:45 WIB

Momen Tes MotoGP Paling Berkesan Bagi Valentino Rossi

Valentino Rossi melakukan tes MotoGP terakhirnya, hampir 22 tahun setelah penampilan pertamanya saat masih bernama Grand Prix 500cc

Pebalap Yamaha, Valentino Rossi (foto: Crash)

Jakarta, Jurnas.com - Valentino Rossi melakukan tes MotoGP terakhirnya, hampir 22 tahun setelah penampilan pertamanya saat masih bernama Grand Prix 500cc. Menariknya, momen tersebut terjadi di Sirkuit kandangnya, Misano, pada Rabu (22/9) lalu.

Seperti yang diakui pria 42 tahun, yang akan pensiun pada akhir musim ini, pengujian bisa menjadi banyak kerja keras tanpa hasil akhir pekan balapan.

"Ini adalah tes terakhir jadi ini adalah momen penting, tapi jujur saya tidak akan melewatkan tes di masa depan!" senyum juara dunia sembilan kali itu dilansir Crash, Minggu (26/09).

"Karena itu selalu sulit, kerja keras secara fisik dan mental. Dan itu sulit. Itu bagian yang sulit dari pekerjaan kami. Saya lebih suka balapan akhir pekan!"

Meskipun demikian, ada beberapa tes selama karir legendaris Rossi yang paling menonjol, semuanya terkait dengan pengalaman pertama dengan motor atau kelas baru.

“Ya, seperti yang Anda katakan, tes yang Anda ingat biasanya saat pertama kali mencoba motor baru. Jadi saya ingat betul tes pertama dengan 250 tetapi terutama tes pertama dengan Honda 500 di Jerez, dengan Jeremy Burgess dan Bernie Ansiau. Saya pikir itu November atau Desember 1999, itu sangat mengesankan," kata Rossi.

“Setelah saya ingat tes pertama Honda empat-tak yang ada di Suzuka setelah 8 Hours, kami memenangkan 8 jam dengan Colin [Edwards] dan setelah kami melakukan tes dengan motor MotoGP pertama, dan itu Agustus 2001 pikir saya.

"Tes lain yang saya ingat dengan baik adalah tes pertama dengan Yamaha, di Sepang, pada Januari 2004. Pertama kali saya mencoba M1. Juga bersama Jeremy. Saya pikir ini adalah tes terbaik dalam karir saya."

Ayah Rossi, Graziano, berada di trek untuk menyaksikan putaran terakhir putranya di luar akhir pekan grand prix.

Setelah finis di urutan ke-17 pada balapan hari Minggu, Rossi menjadi yang tercepat kesebelas pada hari pertama tes (+0.646s), kemudian ke-19 (+1.243s) pada sesi Rabu pagi. Dia kemudian mengendarai hanya 12 lap di sore hari (19).

TAGS : Valentino Rossi Kompetisi MotoGP Sirkuit Misano




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :