Ancam Mogok Kerja, Duterte Minta Tunjangan Tenaga Medis Dilunasi Tepat Waktu

Sabtu, 21/08/2021 15:36 WIB

Manila, Jurnas.com - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte memerintahkan kementerian kesehatan dan anggaran untuk mengatur pembayaran bagi petugas kesehatan yang belum menerima tunjangan mereka tepat waktu, menyusul ancaman perawat untuk mengundurkan diri dan peringatan pemogokan oleh serikat pekerja.

Rumah sakit khawatir bahwa desersi staf medis, terutama perawat, telah mencapai titik kritis tepat ketika varian Delta membuat kasus infeksi melonjak, seperti yang terjadi di tempat lain di Asia Tenggara dan secara global.

"Bayar mereka. Gunakan uang apa pun yang ada," kata Duterte kepada Menteri Kesehatan Franscisco Duque, yang menghadapi pertanyaan lebih dari US$1 miliar dalam pengeluaran COVID-19, termasuk tidak membayar tunjangan pekerja medis.

Perintah itu muncul setelah para pemimpin serikat pekerja di rumah sakit di titik panas virus mengancam pekan lalu untuk mogok, sementara sebuah kelompok perawat mengatakan lusinan orang dapat mengundurkan diri karena tunjangan risiko yang belum dibayar dan pembayaran bahaya, menambah tekanan pada fasilitas yang memerangi kekurangan staf.

Asosiasi Rumah Sakit Swasta Filipina (PHAPi) memperkirakan 40 persen perawat rumah sakit swasta mengundurkan diri tahun lalu, tetapi lebih banyak lagi mengikuti gelombang infeksi baru tahun ini. Rumah sakit umum menghadapi tantangan serupa.

Duterte, dalam rekaman pidato yang disiarkan pada hari Sabtu, juga memberi Departemen Anggaran dan Manajemen 10 hari untuk membantu menyelesaikan tunjangan perawat, dokter, dan petugas kesehatan lainnya yang belum dibayar di rumah sakit umum dan swasta.

Lebih dari 18 bulan dalam pandemi, infeksi COVID-19 di Filipina mencapai lebih dari 1,8 juta, peringkat sebagai yang tertinggi kedua di Asia Tenggara. Ini melaporkan peningkatan satu hari terbesar dalam kasus pada hari Jumat.

Kematian melebihi 31.000, atau hanya di bawah 2 persen dari total kasus.

Duterte, yang pemerintahannya menghadapi kritik atas penanganan pandemi, bersikeras tidak ada korupsi di kementerian kesehatan, menegaskan kembali dukungan untuk Duque sebagai tanggapan atas tuntutan para kritikus untuk pengunduran dirinya. (Reuters)

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2