Liverpool Dihapus dari Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO

Kamis, 22/07/2021 11:15 WIB

Liverpool, Jurnas.com - Kota Liverpool Inggris telah dihapus dari daftar situs warisan dunia UNESCOLiverpool menjadi situs ketiga yang dihapus dari daftar bergengsi itu.

Komite Warisan Dunia organisasi budaya Perserikatan Bangsa-Bangsa memberikan suara dalam pemungutan suara rahasia untuk menghapus penunjukan pada Rabu (21/7) karena perkembangan di pusat kota dan di tepi Sungai Mersey yang bersejarah.

Panitia mengatakan proyek tersebut, termasuk stadion baru yang direncanakan untuk klub sepak bola lokal Everton, merugikan keaslian dan integritas situs dan telah menyebabkan kehilangan atribut yang tidak dapat diubah.

Tetapi para pemimpin sipil di Liverpool menyatakan kemarahan atas keputusan itu, yang terjadi satu dekade setelah pejabat UNESCO terakhir mengunjungi kota itu.

Walikota setempat Joanne Anderson menyebut langkah itu tidak bisa dipahami. "Saya sangat kecewa dan prihatin. Situs Warisan Dunia kami tidak pernah dalam kondisi yang lebih baik setelah diuntungkan dari ratusan juta pon investasi," ujarnya.

"Tapi, apapun yang terjadi, Liverpool akan selalu menjadi kota Warisan Dunia. Kami memiliki tepi laut yang menakjubkan dan warisan yang dibangun luar biasa yang membuat iri kota-kota lain," sambungnya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2