Pimpinan DPR: Pemekaran Harus Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat Papua

Jum'at, 09/04/2021 04:20 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin menyambut baik wacana pemerintah untuk melakukan pemekaran Provinsi di Papua. Tujuannya, demi terciptanya pemerataan dan percepatan pembangunan. 

Selain itu, pemekaran juga dirasa Azis bisa membuat pertumbuhan ekonomi di wilayah papua dapat dinikmati secara keseluruhan.

"Saya mendukung wacana tersebut, tentu harus dilakukan secara komprehensif dan memenuhi persyaratan yang telah diatur dan ditentukan mengenai tata cara pembentukan, penghapusan dan penggabungan daerah otonom,” kata dia dalam keterangan resmi, Kamis (8/4) malam.

Politisi Golkar ini menambahkan, pertimbangan usulan pemekaran provinsi papua dapat dilihat dari sisi aspek geopolitik dan geostrategis.

Desentralisasi, masih kata Azis, dapat mewujudkan kesejahteraan, mengurangi kemiskinan dan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus administrasi.

"Perekonomian jangan hanya terpusat di wilayah tertentu, tapi harus menyentuh hingga pegunungan papua dan wilayah lain. Jangan ada lagi warga papua yang harus menempuh perjalanan berhari hari hanya untuk mengurus berkas administrasi karena jarak yang cukup jauh," tutupnya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2