Kemdikbud Minta Kampus Vokasi Tak Jadi Penghasil Tukang

Rabu, 17/02/2021 20:00 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Wikan Sakarinto mengingatkan para pimpinan perguruan tinggi vokasi (PTV), agar tidak hanya berfokus pada kompetisi keterampilan teknis (hard skills) saja.

Namun sebaliknya pada aspek kognitif dan keterampilan nonteknis (soft skills) mahasiswa, sehingga lulusan memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh dunia usaha dan dunia industri (Dudi).

"Mindset hanya hard skills mohon ditinggalkan. Kita sudah ketinggalan zaman, kita terkotak di masa lalu, bahwa vokasi bikin tukang, itu salah," tegas Wikan pada Selasa (16/2) dalam webinar `Peningkatan Program Diploma Tiga (D-3) menjadi Sarjana Terapan atau Diploma Empat (D-4)` secara virtual.

"Vokasi bikin pemimpin, kreator, inovator. Kita menghasilkan ahli dengan level tinggi, desainer yang solutif di dunia nyata. Makanya, nanti kurikulum semester satu di D-4 itu benar-benar penguatan soft skills dan hard skills yang seimbang," sambung dia.

Wikan mendorong para pemimpin kampus vokasi merancang D-4 bersama industri selaku calon pengguna (user) lulusan. Dengan demikian, lulusan vokasi semakin dikenal karena perguruan tinggi turut mengedukasi masyarakat tentang pendidikan vokasi.

Menurut dia, ketika semua politeknik dan kampus vokasi bergerak meningkatkan (upgrade) diploma tiga ke diploma empat, maka industri akan menyadari dan tertarik.

"Ayo kita buat (vokasi) lebih baik, jangan hanya ingin membikin ijazah diploma empat atau ijazah S-1 Terapan. Saya harap, niat bapak dan ibu membuat D-4 bukan hanya untuk asal lulus atau berjualan prodi," tutur Wikan.

Setidaknya, Wikan berkeinginan ada 50 persen mahasiswa D-4 masa depan yang berprestasi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), olahraga, seni, dan debat.

"Mahasiswa jangan hanya mengejar indeks prestasi kumulatif (IPK). “Kita ingin menciptakan pemimpin masa depan, dan ini butuh mahasiswa yang kritis dan kreatif," harapnya.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2