Program Tiga Semester di Luar Kampus Berjalan Februari 2021

Kamis, 12/11/2020 07:18 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Sesditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Paristiyanti Nurwardani mengatakan, program tiga semester di luar kampus yang merupakan kebijakan Kampus Merdeka, akan mulai berjalan pada Februari 2021 mendatang.

Dan untuk pelaksanaan delapan kegiatan dari program Kampus Merdeka tersebut, Paristiyanti membeberkan Kemdikbud sudah menyiapkan pendanaan dengan anggaran total Rp350 miliar.

"Rp350 miliar ada di Direktorat Pembelajaran dalam rangka melakukan kegiatan mahasiswa di luar kampus," kata Paris dalam kegiatan `FGD Strategi Publikasi Kegiatan Peluncuran Akbar Platform Kedai Reka` pada Rabu (11/11).

Sebagaimana diketahui, dalam kebijakan Kampus Merdeka Merdeka Belajar yang dikeluarkan oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, terdapat delapan kegiatan yang termasuk program tiga semester di luar kampus.

Delapan kegiatan itu yakni pertukaran pelajar, magang atau praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, proyek independen, dan membangun desa.

Paris menyebut, pada Desember ini Kemdikbud akan mulai menginformasikan kepada perguruan tinggi negeri dan swasta untuk mulai menyeleksi proposal dari mahasiswa yang mengajukan pendanaan. Selanjutnya proposal dari perguruan tinggi akan ditinjau lebih lanjut oleh Kemdikbud.

"Februari itu semester baru mahasiswa sudah bisa mendapatkan pengalaman di luar kampus. 20-60 SKS di luar kampus, termasuk di luar negeri," imbuh Paris.

Terkait pemanfaatan tiga semester atau 20-60 SKS di luar kampus, Paris mengatakan mahasiswa dapat memilih kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing, dengan bimbingan dari dosen wali.

Sebagai contohnya, seorang mahasiswa berkeinginan menjadi seorang data analyst di Jepang, maka 20 SKS dapat dimanfaatkan belajar Bahasa Jepang, 20 SKS belajar Teknologi Informatika, 10 SKS Bahasa Inggris, dan 10 SKS Matematika.

"Itu 60 SKS belajar di luar kampus. Jadi merancang cita-cita sejak masuk tingkat satu di kampus. Siapa yang paling berperan? Dosen," tegas Paris.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2