Iker Casillas Pensiun dari Dunia Bola

Rabu, 05/08/2020 07:45 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Legenda Real Madrid dan Spanyol Iker Casillas pada Selasa (04/08) mengumumkan pengunduran dirinya tepat di usia 39 tahun.

Kiper veteran itu tidak bermain sejak dia menderita serangan jantung dalam latihan bersama FC Porto pada Mei 2019 lalu.

"Ini adalah hari yang paling penting dan pada saat yang sama salah satu yang paling sulit dalam karir olahraga saya, sudah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal," tulis Casillas dalam surat yang diposting di Twitter dikutip ESPN, Rabu (05/08).

"Saya sangat beruntung bisa berkarir dari sesuatu yang saya sukai, sesuatu yang mengisi saya dan membuat saya bahagia," tambahnya.

"Karier sepakbola saya dimulai 30 tahun yang lalu dan ini merupakan jalan yang panjang dan seperti perjalanan lainnya, ini memiliki masa-masa indah dan masa sedih. Melihat ke belakang dan pada tahap kehidupan saya ini, saya dapat mengatakan itu sangat berharga."

Casillas melanjutkan untuk berterima kasih kepada Real Madrid dan Porto serta semua rekan tim dan pelatihnya.

"Real Madrid ingin menunjukkan pengakuan, kekaguman dan kasih sayang untuk salah satu legenda terbesar klub kami dan sepak bola dunia," demikian bunyi pernyataan dari pihak La Liga.

"Kiper terbaik dalam sejarah Real Madrid dan sepak bola Spanyol bergabung dengan kami pada usia sembilan tahun.

"Dia dibentuk di sini dan membela baju kami selama 25 tahun, menjadi salah satu kapten kami yang paling simbolis sepanjang masa. Iker Casillas mendapatkan cinta dari Madridismo dan merupakan simbol dari nilai-nilai yang diwakili Real Madrid."

Casillas memenangkan Liga Champions pada tiga kesempatan di Madrid dan juga membantu mereka untuk lima gelar La Liga, dua kemenangan Copa del Rey, Piala Super Spanyol empat kali serta Piala Super UEFA, Piala Dunia Klub FIFA dan Piala Interkontinental dan dua kesempatan setiap.

177 penampilannya di Liga Champions tetap menjadi rekor dan dia mendapatkan 167 caps untuk Spanyol, yang dia kapten untuk kejayaan Piala Dunia 2010, terjepit di antara dua keberhasilan Kejuaraan Eropa pada 2008 dan 2012.

Laga terakhir Casillas adalah hasil imbang 2-2 di Rio Ave pada 26 April 2019 - pertandingannya yang ke-156 sejak bergabung dengan Porto dengan status bebas transfer pada musim panas 2015.

Dia menjabat sebagai perantara antara pemain dan staf pelatih di Porto pada musim 2019-20 sebelum kontraknya dengan juara Portugal berakhir bulan lalu.

Casillas telah mempertimbangkan kemungkinan mencalonkan diri sebagai presiden Federasi Sepakbola Kerajaan Spanyol (RFEF) tetapi baru-baru ini menyatakan ia tidak akan melakukannya karena pandemi coronavirus .

Dia sedang dalam pembicaraan lanjutan untuk kembali ke Real Madrid sebagai penasihat lima tahun setelah kepergiannya dari klub.

TERKINI
Unggah Foto Dirinya Menangis, Instagram Justin Bieber Diserbu Penggemar Gara-gara Masalah Pita Suara, Jon Bon Jovi Anggap Shania Twain Adiknya Reaksi Taylor Swift saat The Tortured Poets Department Tembus 2,6 Juta Unit dalam Seminggu Disindir di Album TTPD Taylor Swift, Bagaimana Kabar Joe Alwyn Sekarang?