Kasus Positif Covid-19 di Filipina dan Malaysia Bertambah

Senin, 18/05/2020 12:05 WIB

Manila, Jurnas.com - Dua negara Asia Tenggara, Filipina dan Malaysia dikabarkan terjadi penambahan kasus Covid-19. Filipina bertambah 208 kasus baru dan Malaysia sebanyak 22 kasus.

Otoritas Kesehatan Filipina mengonfirmasi,  penambahan 208 kasus Covid-19 positif baru, sehingga total secara nasional menjadi 12.513 kasus.

Menurut Departemen Kesehatan ada tujuh kematian baru sehingga total menjadi 824 kematian, sedangkan yang pulih bertambah 74 pasien sehingga total menjadi 2.635.

Sejak karantina diimplementasikan pada 17 Maret, seruan untuk melakukan pengujian massal dan penelusuran kontak komprehensif masih dilakukan oleh berbagai kelompok masyarakat.

Pemerintah Filipina terus melakukan program bantuan bagi warga miskin dan paling miskin yang terkena dampak Covid-19.

Di tengah upaya pemerintah melawan Covid-19, masyarakat Filipina juga harus berjuang melawan Topan Ambo yang membuat ratusan ribu warga mengungsi.

Sementara itu Malaysia  mencatatkan kasus Covid-19 baru sebanyak 22 orang, salah satu yang terendah sejak diberlakukan kebijakan pembatasan gerak/Movement Control Order (MCO) 18 Maret lalu.

Sebelum ini, jumlah kasus positif terendah kedua tercatat Sabtu dengan 17 kasus, sebelumnya pada 12 Mei penambahan tercatat sebanyak 16 kasus.

Direktur Jenderal Departemen Kesehatan Noor Hisham Abdullah mengatakan dari 22 kasus baru hari ini, lima adalah kasus impor sedangkan 17 lainnya adalah transmisi lokal yang melibatkan warga non-Malaysia.

"Penambahan ini membuat membawa jumlah total kasus positif Covid-19 secara nasional menjadi 6.894," ujar dia seperti dikutip Bernama.

Pasien yang sembuh pada Minggu sebanyak 59 orang, sehingga jumlah total yang telah sepenuhnya pulih dan dipulangkan menjadi 5.571 kasus.

Sumber : Anadolu Agency

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2