ABJ: Relawan Ingin Prabowo Komitmen Dukung Pemerintahan Jokowi Hingga 2024

Senin, 21/10/2019 21:15 WIB

Jakarta, Jurnas.com - Wacana masuknya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ke dalam kabinet Jokowi-KH Ma`ruf Amin ditanggapi secara dinamis oleh para relawan pendukung Jokowi.

Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ), Michael Umbas, bercerita Jokowi telah memanggil para pimpinan kelompok relawan tadi malam.

"Beliau menyampaikan dengan bahasa halus, kemungkinan Gerindra akan masuk," kata Umbas, usai syukuran pelantikan Jokowi-Ma`ruf, di Menteng, Senin (21/10/2019).

Kata dia, di pertemuan itu tak terlalu banyak waktu untuk berdialog panjang soal rencana tersebut. Namun, para relawan tak bisa menyembunyikan kekagetan. Menurut Umbas, usai pertemuan itu, ada kesan kuat para relawan menjadi sedikit gelisah.

"Karena secara psikologis para relawan masih terbawa kerasnya persaingan di pilpres. Agak sulit menerima lawan yang membabi buta di pilpres, kemudian masuk dalam koalisi. Itu yang teman-teman agak sulit menerima," kata dia.

Hal kedua, para relawan melihat bahwa belum ada kepastian soal manfaat politik yang akan diterima Jokowi bila mengajak Gerindra masuk ke koalisi.

"Karena kita juga ingin memastikan Pak Jokowi dalam pemerintahan ke depan tidak terjadi hal-hal dimana ada yang memanfaatkan kekuasaan untuk membajak gitu," kata Umbas.

Walau demikian, mayoritas kelompok relawan meyakini bahwa Jokowi pasti sudah mempertimbangkan semuanya. Kalaupun ada kesempatan untuk bersua lagi, para relawan hanya ingin mendengar alasan lengkap mengapa Gerindra harus diajak masuk ke koalisi.

Satu lagi, kelompok relawan ingin kepastian bahwa masuknya Gerindra itu takkan memberi ancaman dalam pemerintahan Jokowi-Ma`ruf dalam lima tahun mendatang. Sebab relawan melihat gelagat Prabowo yang ingin masuk ke kabinet dengan syarat posisi menteri tertentu.

"Soalnya kan kalau dia (Prabowo, red) bergabung kemudian mengajukan posisi menteri tersendiri, kan menimbulkan tanda tanya," ujarnya.

"Penegasan saja, apakah relawan kecewa?" tanya wartawan.

"Relawan berprinsip, Pak Jokowi yang menjalani dan lebih paham soal susunan kabinet lima tahun kedepan. Tapi jangan sampai keputusan ini berdampak buruk. Namun memang sebagian besar relawan kecewa dengan keputusan itu," pungkas Umbas.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2