Menaker Minta Pengusaha Harus Perkuat Daya Saing

Jum'at, 12/04/2019 13:06 WIB

Jakarta, Jurnas.com – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menilai para pengusaha harus memperkuat daya saing agar dapat memenangi kompetisi bisnis secara sehat. Pasalnya menurut Hanif persaingan bisnis nasional dan internasional semakin ketat. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Antara arah perkembangan industri dan pembangunan SDM harus sejalan. Pemerintah dan swasta perlu meningkatkan kerjasama untuk urusan ini. Tidak boleh hanya industrinya yang bagus tapi SDM-nya nggak siap. Ataupun sebaliknya", ujar Menaker Hanif

Menurut Hanif, daya saing tidak bisa dielakkan. Suka atau tidak suka pengusaha harus terus perkuat daya saing, sehingga usahanya tak mudah goyah dan terhindar dari kebangkrutan karena tak bisa bersaing.

Selain itu, lanjut Hanif, pengusaha-pengusaha harus meningkat daya saing dari sisi produk yang berkualitas. Sehingga, produknya dapat bersaing dengan produk dari pengusaha lainnya dan dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, bahkan di dunia.

"Ukurannya gampang, pertama produk berkualitas, harga murah, proses produksi dan delivery cepat. Sehingga di sini membutuhkan inovasi dari seluruh kewirausahaan dari para pengusaha perempuan," jelas menteri yang dekat kalangan muda itu.

 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2