Benarkah Alis Tebal Membuat Wajah Awet Muda

Senin, 08/04/2019 23:01 WIB

Jurnas.com - Sekarang ini riasan makeup dengan alis yang natural sedang tren dan kebiasaan beberapa tahun terakhir. Keluar rumah tanpa riasan menjadi masalah, namun pergi tanpa alis yang tertata rapi itu yang menjadi masalah.

Studi menunjukkan fitur wajah seperti bibir dan alis lebih disukai sesuai pertambahan usia. Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Perbatasan dalam psikologi, para ilmuan menganalisis foto dari 763 perempuan tanpa riasan dengan warna kulit bervariasi antara usia 20 dan 80 tahun.

Program komputer menganalisis foto tersebut dan melihat kontras fitur wajah. Mereka mengukur mata, bibir dan alis terlihat menonjol karena perbedaan warna atau tergantung cahaya yang terpapar di sekitar wajah.

Penemuan pada wanita muda, fitur-fitur wajah terlihat lebih kontras pada bagian sekitar mulut dan alis. Selanjutnya, para ilmuan mengedit sebagian besar foto dan membuat dua versi mengerti hanya dengan membedakan tingkat kontrasnya.

Foto tersebut dikirim ke para relawan dan disuruh mereka memilih foto mana yang terlihat lebih muda. Hampir 80 persen memilih wajah dengan fitur lebih kontras.

Temuan ini berlaku di berbagai variasi, menunjukkan kerutan dan perubahan pigmentasi kulit adalah “tanda lintas budaya” untuk menilai umur seseorang.

Penemuan ini juga menjelaskan tentang orang yang sering berdandan untuk terlihat lebih muda. Warna alis yang memudar karena membuat perempuan dari berbagai kalangan menebalkan alis agar membuat wajah terlihat lebih muda.

Oleh karena itu, penulis studi menyimpulkan perbedaan antara alis teban dengan fitur yang lebih kontras seakan lebih terlihat muda. Meskipun penemuan ini hanya dilakukan pada perempuan, ternyata penemuan ini juga berlaku untuk laki-laki.

TERKINI
Perang Epik Rebutan Kilang Anggur, Brad Pitt dan Angelina Jolie Saling Menuduh Milla Jovovich Ungkap Dirinya Pernah Jadi Baby Sitter Anak-anak Bruce Willis dan Demi Moore Akhirnya Britney Spears Benar-benar Bebas dari Ayahnya Setelah Konservatori Usai 2 Tahun Lalu Scarlett Johansson Dampingi Suaminya Colin Jost Jadi Penghibur di Gedung Putih