Uni Emirat Arab Ngarap Ikut Piala Dunia FIFA 2022

Selasa, 01/01/2019 18:20 WIB

Doha -  Direktur turnamen untuk Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Aref al-Awani, mengatakan, Uni Emirat Arab (UEA) bersedia turun tangan dan membantu jalannya pertandingan  selama Piala Dunia FIFA 2022.

Awani mengatakan, sejauh ini belum ada pendekatan formal baik dari FIFA atau Asosiasi Sepak Bola Qatar, namun UEA bersedia memberikan bantuan apa pun yang dibutuhkan.

"Jika FIFA mengusulkannya, kami tentu akan melihat dampak ekonomi dan peluang media," kata Awani, dilansir dari Al Jazeera.

"Peluang emas mengadakan turnamen sepakbola di wilayah ini. Olahraga bagi kami adalah upaya untuk menyatukan semua orang," tambahnya.

FIFA sedang mempelajari proposal untuk menambah jumlah personil turnamen 2022 di Qatar, dari awalnya 32 menjadi 48 tim, peningkatan yang akan memberikan tekanan ekstrim pada negara Teluk.

Awal tahun tahun lalu, Qatar mengumumkan, 90 persen infrastruktur turnamen akan selesai pada 2019. Jika FIFA resmi memasukan 48 tim, maka negara itu masih membutuhkan empat stadion.

Awani, tidak menjelaskan bagaimana negaranya akan lolos dalam turnamen akbar itu, mengingat negara itu saat ini tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Doha.

Sebelumnya, UEA bersama Arab Saudi, Bahrain, dan Mesir memberlakukan blokade terhadap negara Teluk - memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan pada 5 Juni 2017.

Kuartet menuduh Qatar mendukung terorisme dan terlalu dekat dengan saingan regional, Iran. Qatar berulang kali menolak tuduhan itu dan menyebut tudingan tersebut tidak berdasar.

Di tengah blokade yang sedang berlangsung, ribuan pemirsa Emirat tidak dapat menikmati saluran beIN Sport. Kabarnya isi saluran itu dibajak.

BeIN memiliki hak eksklusif untuk Piala Dunia, yang dimulai pada 14 Juni di Rusia. Salurannya diblokir di UEA setelah krisis dimulai, tetapi kembali mengudara Juli lalu.

TERKINI
Chelsea Mustahil Terhindar dari Sanksi Pengurangan Poin Liverpool Mata-matai Striker Incaran Arsenal Keok dari Frosinone, Salernitana Degradasi ke Serie B Ten Hag Sebut Rashford Perlu Dukungan untuk Bangkit