Shakira Dituding Gelapkan Pajak di Spanyol

Sabtu, 15/12/2018 10:45 WIB

Jakarta - Otoritas Spanyol menuduh penyanyi kelahiran Kolombia Shakira dengan enam tuduhan penipuan pajak. Mereka menuding wanita 41 tahun itu gagal membayar $ 16,5 juta dalam bentuk pajak.

Jaksa menuduh penyanyi yang bernama lengkap Shakira Isabel Mebarak Ripoll, dengan curang menghindari pembayaran pajak pendapatan dan properti dari 2012 hingga 2014.

Tuntutan itu diajukan di pengadilan d`Esplugues de Llobregat, daerah Catalunya di mana seniman itu tinggal bersama keluarganya selama beberapa tahun. Dia telah diperintahkan untuk membayar $ 21,5 juta obligasi.

Dilansir UPI, seniman ini dituduh telah mengumumkan tempat tinggal fiskal di Bahama untuk menghindari pajak di kediaman aslinya di Spanyol. Dia juga dituduh menipu menciptakan perusahaan di surga fiskal untuk menyembunyikan pendapatan dari otoritas Spanyol.

"Pihak berwenang mengatakan sebanyak 14 perusahaan digunakan untuk menyembunyikan pendapatan dalam skema penipuan," bunyi laporan tersebut.

Shakira telah terlibat dalam pekerjaan sosial yang mencakup yayasan Pies Descalzos, nama album yang membuatnya terkenal di awal karirnya pada pertengahan 1990-an. Yayasan ini membantu membiayai pendidikan bagi anak-anak di bawah umur di Kolombia asalnya.

Pemenang Grammy-award juga telah mewakili Dana Darurat Anak Internasional PBB sebagai duta goodwill. Pada 2011, mantan Presiden AS Barack Obama mengangkatnya ke komisi kepresidenan tentang pendidikan untuk Hispanik

Shakira telah menjual lebih dari 140 juta catatan selama karirnya dan menikah dengan pemain sepak bola klub Barcelona Gerard Pique.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2