Senat Sepakat AS Tak Dukung Perang Saudi di Yaman

Jum'at, 14/12/2018 05:30 WIB

Washington - Senator Amerika Serikat (AS) memilih dan menyepakati agar Washington berhenti mendukung perang yang dipimpin Arab Saudi dan Uni Emiret Arab (UEA) di Yaman.

Senator juga menyetujui resolusi tidak mengikat yang mengatakan, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi.

Dilansir dari Reuters, suara bipartisan pada Kamis (13/12), dua bulan setelah pembunuhan Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul dan setelah Trump meragukan siapa yang harus disalahkan.

Para pejabat intelijen AS telah menyimpulkan bahwa Pangeran Mohammed setidaknya pasti mengetahui rencana itu, tetapi Trump berulang kali memuji kerajaan.

Khashoggi terbunuh pada 2 Oktober setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul untuk mendapatkan dokumen yang dibutuhkan untuk pernikahan yang direncanakannya.

Setelah mengeluarkan pernyataan yang kontradiktif selama beberapa hari, Arab Saudi akhirnya mengakui bahwa Khashoggi terbunuh di dalam konsulat dan tubuhnya dipotong-potong.

Kerajaan itu berulang kali mengatakan bahwa Pangeran Muhammad tidak memiliki pengetahuan tentang pembunuhan itu, yang menurut Turki diperintahkan pejabat tingkat tertinggi di kepemimpinan Arab Saudi.

TERKINI
Chelsea Mustahil Terhindar dari Sanksi Pengurangan Poin Liverpool Mata-matai Striker Incaran Arsenal Keok dari Frosinone, Salernitana Degradasi ke Serie B Ten Hag Sebut Rashford Perlu Dukungan untuk Bangkit