Hindari Penyakit Kritis dengan Medical Check-up

Sabtu, 08/12/2018 18:41 WIB

Jakarta - Tahukah Anda selain menjaga hidup sehat, medical check-up juga penting dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan mendeteksi penyakit sejak dini.

Sayangnya, kesadaran masyarakat untuk melakukan medical check-up kasih rendah karena merasa dirinya sehat, sementara beberapa penyakit kritis terkadang tidak memiliki gejala khusus, namun dapat menyebabkan kematian.

Salah satunya adalah penyakit jantung yang juga dikenal dengan silent killer kerena tidak menunjukkan gejala awal. Bahkan gejala kanker pun sering diabaikan karena memiliki gejala yang menyerupai pada umumnya.

Fakta di atas dibenarkan oleh Ahli gizi klinik dr Raissa E. Djuanda M.Gizi, Sp.GK yang menyarankannya anjuran medical check up idealnya dilakukan setahun sekali terutama jika sudah memasuki kepala empat.

Tak hanya mereka yang berusia di atas 40 tahun sebab di masa kini banyak usia 30 tahun sudah pada kena penyakit kritis.

"Nah kalau sudah ada indikasi penyakit tertentu ya relatif sering tergantung penyakitnya, agar tetap dapat dipantau," ucap Raissa usai ditemui di acara peluncuran riset AIA Healthy Living Index di Jakarta, Kamis (6/12).

Lalu apa yang harus diperiksa? Mulai dari gula darah, protein urine, fungsi hati, fungsi ginjal, kolesterol, asam urat, leukosit, dan darah.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2