CIA-Senat AS Gelar Pertemuan Tertutup Bahas Khashoggi

Selasa, 04/12/2018 08:01 WIB

Washington - Direktur CIA Gina Haspel akan menggelar pertemuan tertutup kepada para pemimpin komite Senat AS pada Selasa (4/12) untuk membahas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Beberapa anggota parlemen marah, karena Haspel tidak berpartisipasi dalam pengarahan Senat oleh pejabat administrasi Trump pekan lalu tentang kematian Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul.

Sebelumnya CIA telah menyimpulkan bahwa Pangeran Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) memerintahkan pembunuhan Khashoggi, yang notabene kritikus pemerintah Saudi.

Dilansir dari Reuters, Haspel akan memberikan pengarahan kepada para pemimpin Republik dan Demokrat dari Komite Hubungan Luar Negeri Senat, Komite Angkatan Bersenjata dan Alokasi.

Menurut sumber terpercaya, Komite Intelijen Senat dalam hal ini sudah mendapatkan pengarahan dari Direktur CIA tersebut.

Pada pengarahan pekan lalu, Sekretaris Negara Mike Pompeo dan Menteri Pertahanan Jim Mattis mengatakan, tidak ada bukti kuat bahwa putra mahkota berada di balik pembunuhan itu.

Kabinet Trump juga mendesak kepada para senator untuk tidak menurunkan hubungan AS dengan Arab Saudi atas insiden itu.

TERKINI
Sepakat! Arne Slot Jadi Pelatih Liverpool Musim Depan Wenger Beri Resep ke Arteta Jelang Derbi London Utara Postecoglou Akui Spurs Sempat Panik Ditinggal Kane Narkoba, Selebgram Chandrika Chika Cs Dikirim ke Lido untuk Rehabilitasi