Kamis, 25/04/2024 09:22 WIB

Terduga Pembunuh Khashoggi Tertangkap di Prancis

Seorang pria warga Arab Saudi yang diduga terlibat dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, ditangkap di Prancis.

Pada 2 Oktober 2018, kolumnis Washington Post Jamal Khashoggi terakhir terlihat hidup-hidup oleh tunangannya ketika ia memasuki konsulat Saudi di Istanbul.

Paris, Jurnas.com - Seorang pria warga Arab Saudi yang diduga terlibat dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, ditangkap di Prancis.

Khaled Aedh Alotaibi ditangkap di bandara Charles de Gaulle di Paris pada Selasa (7/12) kemarin, kata seorang sumber polisi kepada BBC. Dia diyakini sebagai salah satu dari 26 orang Saudi yang dicari oleh Turki atas pembunuhan itu.

Seorang pejabat Saudi menyebut penangkapan itu adalah kasus kesalahan identitas, dan bahwa mereka yang terlibat dalam pembunuhan itu telah dihukum di Arab Saudi.

Alotaibi, seorang mantan pengawal kerajaan Saudi berusia 33 tahun, bepergian atas namanya sendiri dan ditempatkan dalam tahanan pengadilan, menurut laporan radio RTL yang dikutip BBC pada Rabu (8/12).

Sebagaimana diketahui, Khashoggi, seorang kritikus terkemuka pemerintah di Riyadh, dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018 silam.

Arab Saudi menyebut mantan jurnalis Washington Post itu terbunuh dalam "operasi jahat" oleh tim agen, yang dikirim untuk membujuknya kembali ke kerajaan.

Tetapi para pejabat Turki mengatakan agen-agen itu bertindak atas perintah dari tingkat tertinggi pemerintah Saudi.

Pembunuhan itu menyebabkan kegemparan global dan merusak citra penguasa de facto Arab Saudi, Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Namun dia menyangkal peran apapun dalam peristiwan itu.

Pengadilan Saudi menghukum delapan orang yang tidak disebutkan namanya atas pembunuhan pada tahun 2019. Lima dari mereka dinyatakan bersalah karena berpartisipasi langsung dalam pembunuhan, menjatuhkan hukuman mati yang kemudian diringankan menjadi hukuman penjara 20 tahun, sementara tiga lainnya dipenjara selama tujuh hingga 10 tahun karena menutupi kejahatan.

KEYWORD :

Jamal Khashoggi Arab Saudi Prancis Terduga Pembunuh Khaled Aedh Alotaibi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :