Ditekan Rusia, Ukraina Ngadu ke NATO

Jum'at, 30/11/2018 12:15 WIB

Jakarta - Presiden Ukraina Petro Poroshenko meminta negara-negara NATO untuk mengirim kapal-kapal laut ke Laut Azov untuk membantu negaranya dan memberikan keamanan di tengah ketegangan dengan Rusia.

Juru bicara NATO Oana Lungescu menanggapi permintaan Poroshenko dengan mengatakan aliansi militer sudaglh sering beroperasi di wilayah Laut Hitam. Dia mengatakan kapal NATO secara rutin berpatroli di daerah itu dan beberapa sekutu NATO melakukan pengintaian penerbangan di wilayah tersebut.

"Kami akan terus menilai keberadaan kami di kawasan ini," tambah Lungescu.

Berbeda dengan Lungescu, Kanselir Jerman Angela Merkel malah menolak permintaan Poroshenko. Ia bahkan mendesak Kyiv untuk mengadopsi pendekatan masuk akal karena tidak ada solusi militer untuk sengketa ini.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan dirinya bisa memainkan peran mediator antara Ukraina dan Rusia.

Erdogan telah mengadakan pembicaraan telepon dengan para pemimpin di kedua sisi, dan mengatakan dia akan terus membahas masalah dengan Putin dan Trump di KTT G-20.

TERKINI
Chelsea Mustahil Terhindar dari Sanksi Pengurangan Poin Liverpool Mata-matai Striker Incaran Arsenal Keok dari Frosinone, Salernitana Degradasi ke Serie B Ten Hag Sebut Rashford Perlu Dukungan untuk Bangkit