Menteri Amran Kaget Sapi Ekstrim di Sidoarjo Dibandrol Rp200 Juta

Minggu, 28/10/2018 14:55 WIB

Sidoarjo - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menghadiri Panen Pedet dan Kontes Ternak di Gedung Tani Puspa Argo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (28/10). Kontes ini merupakan bentuk apresiasi dan motivasi pemerintah kepada para pernak Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Pertanian memberikan apresiasi kinerja terhadap peternak teladan, petugas Inseminator, Petugas Pemeriksa Kebuntingan (PKb), dan Dokter Hewan berprestasi, serta Pelayanan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Upsus Siwab.

Konteks kali ini dihadiri peternak dari seluruh Indonesia untuk memamerkan pedet dan sapi kebanggan mereka. Sapi jantan ekstrim hasil Inseminasi Buatan (IB) menarik minat pengunjung karena bobotnya mencapai 1 ton lebih.

Selain itu juga ditampilkan sapi jenis Belgian Blue hasil Tranfer Embrio (TE) yang memiliki perototan besar yang beratnya bisa mencapai diatas 1,2 – 1,6 ton. Belgian Blue bukan sapi biasa, pertambahan bobot badannya tinggi sekali, per hari bisa mencapai 1,2 - 1,6 kg.

Hingga saat ini, sudah ada 80 ekor kelahiran sapi Belgian Blue yang berhasil dikembangbiakkan baik dari hasil TE maupun IB dan sudah ada sebanyak 276 ekor sapi bunting.

Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan kelahiran 1.000 pedet Belgian Blue pada 2019 mendatang baik melalui IB maupun TE.

Salah satu sapi ekstrim pemenang lomba Kontes Ternak Hasil IB 2018 membuat kaget Menteri Amran karen bobotnya lebih dari 1 ton dan harganya mencapai Rp200 juta.

"Ini contoh petani cerdas, dengan IB gratis, populasi sapi naik sekaligus berkualitas. Harga dan bohot baru lahir saja bisa setara dari sapi lokal usia tiga tahun," terang Amran.

Sekedar diketahui, Provinsi Jawa Timur yang merupakan lumbung nasional untuk hasil peternakan kali ini mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo terkait pertambahan populasi sapinya jauh diatas rata-rata nasional.

Kelahiran sapi hasil Upsus Siwab untuk Provinsi Jawa Timur dalam per tahunnya mencapai 1,3 juta ekor. Artinya jika lima provinsi seperti Jawa Timur, maka persoalan daging sapi Indonesia sudah selesai.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2