Miliki Gejala Ini, Waspada kanker Paru

Senin, 10/09/2018 19:31 WIB

Jakarta - Bernapas ialah salah satu kebutuhan primer manusia agar dapat bertahan hidup. Karena itu, menjaga kesehatan organ pernapasan jadi hal yang tidak dapat ditolerir.

Sayangnya, lingkungan serta gaya hidup yang dijalani terkadang justru memberi dampak merugikan bagi kondisi organ pernapasan utama yaitu paru. Bahaya yang yang mengancam yakni kanker paru.

Menurut Dokter Spesialis Paru dr. Budhi Antariksa, pH.D, dari RSPI mengatakan secara garis besar faktor risiko munculnya kanker paru dapat dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Kebiasaan buruk (perokok aktif maupun pasif atau bekerja di tempat yang mengandung zat kimia bersifat terhirup.

2. Genetik (memiliki riwayat keluarga yang menderita penyakit kanker).

"Berada di jalur pernapasan, sel kanker di paru dapat berkembang cepat. Pasalnya, sel buruk ini berada di organ yang paling awal mendapat asupan oksigen," terang dr Budhi.

Kanker paru tidak menunjukkan gejala yang berarti di tahap awal hingga sulit terdeteksi. Gejala biasanya baru muncul bila sudah memasuki stadium lanjut.

Waspada jika Anda memiliki gejala berikut ini:

1. Batuk berdarah (menandakan sel kanker sudah berada pada saluran pernapasan di paru)
2. Pendidikan berat badan
3. Sesak napas (karena volume paru mengecil akibat massa kanker itu sendiri atau timbul cairan)

"Memang menakutkan, karena itu disarankan untuk mencegah agar jangan sampai sel kanker tumbuh adalah pilihan terbaik," imbau dr Budhi.

Keyword : Kanker Kesehatan

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2