Mayones Tidak Boleh Dipanaskan, Mengapa?

Selasa, 05/06/2018 20:15 WIB

Jakarta - Bicara tentang rasa sandwich atau pasta, tidak satupun dari kita dapat melupakan pelengkap yang lezat yakni mayones yang dimasukkan ke dalamnya.

Teksturnya yang kaya krim, aroma yang menggugah selera, dan rasa lezatnya bercampur menjadi salah satu makanan paling favorit kita setiap saat.

Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa ada label pada toples mayones yang menyatakan bahwa begitu segel dibuka itu harus disimpan di lemari es?

Komposisi mayones yang kita lihat di toko-toko adalah emulsi minyak, telur, kuning telur, jus lemon, dan cuka; selain itu mayones juga mengandung sejumlah bahan kimia dan pengawet lainnya.

Di masa lalu, mayones disiapkan di rumah dan tidak memiliki pengawet sehingga sangat sulit untuk menghentikan pertumbuhan bakteri di dalamnya.

Sementara mayones yang tersedia secara komersial yang kita beli dari toko-toko saat ini memiliki bahan pengawet yang berlimpah selain mengandung sejumlah asam yang baik. Asam-asam ini membantu menghancurkan bakteri.

Jadi, apakah Anda harus memanaskan mayones atau tidak dengan jelas tergantung pada jenis mayones yang Anda gunakan. Faktor lain yang sangat penting dalam memutuskan apakah pemanasan mayones baik atau buruk, adalah sarana yang digunakan.

Efek bakteri salmonella

Telur mentah adalah komponen penting dari mayones buatan sendiri. Ketika tidak ada pengawet yang ditambahkan dan dipanaskan, hal itu akan memberikan kondisi yang ideal bagi bakteri salmonella untuk tumbuh dan berkembang.

Dalam situasi seperti itu, jika hal yang sama dikonsumsi oleh anak-anak kecil, itu akan menghasilkan banyak masalah perut. Hal yang sama tidak cocok untuk dikonsumsi oleh orang dewasa juga. Bakteri Salmonella dapat memicu keguguran pada wanita hamil.

Jenis mayones ini akan kehilangan teksturnya dan menjadi transparan jika Anda benar-benar memanaskannya. Itu akan terasa buruk dan bahkan dapat merusak rasa makanan yang Anda sajikan. Demikian seperti yang dilansir dari laman Boldsky.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2