Begini Cara Mencegah Disfungsi Seksual pada Pria

Jum'at, 18/05/2018 21:14 WIB

Jakarta - Disfungsi seksual adalah satu kondisi ketika fungsi seksual seseorang terganggu. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidakpuasan atau keluhan baik dari satu maupun kedua belah pihak.

Keluhan ini biasanya berlangsung dalam kurun waktu tentu atau berulang. Bahkan, tidak jarang berdampak secara psikis pada penderita dan menyebabkan permasalahan kehidupan suami istri.

Menurut Dokter Spesialis Androlog dan Seksologi Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro Jaya, dr. Mira Krishtania, secara umum penyebab disfungsi seksual dibagi menjadi dua fakfor, yaitu organik (kelainan organ dan fungsinya) dan psikogenik (kondisi psikis dan psikologis seseorang). Kedua faktor tersebut dapat ditemukan bersamaan.

"Faktor organik yang sering dijumpai antara lain masalah pembuluh darah, saraf, rendahnya kadar hormon testosteron atau masalah ejakulasi pascaoperasi prostatektomi," jelasnya.

Untuk faktor psikogenik, dr Mira mengatakan yang paling sering ialah fear of failure (takut gagal dalam berhubungan seksual), permasalahan dalan pernikahan, keluarga, atau pemicu stres berat lain yang menyebabkan gangguan cemas atau depresi seperti masalah dalam pekerjaan.

"Hati-hati juga dengan jenis obat-obatan tertentu seperti beberapa golongan obat psikiatri dan obat darah tinggi juga dapat menyebabkan disfunggsi seksual," ucapnya.

Anda jangan khawatir, disfungsi bisa dihindari dengan menjaga pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan rutin berolahraga. Pola hiduo sehat bagi metabolisme tubuh, sehingga mencegah munculnya penyakit metabolik penyebab disfungsi seksual.

"Perhatikan porsi makanan seperti karbihidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral juga olahraga secara teratur, beristirahat dengan cukup, mengatasi pencetus stres yang baik," imbau dr Mira.


TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2