Bandara Teruel, Tempat Pesawat "Pensiun" di Spanyol

Sabtu, 31/03/2018 12:54 WIB

Madrid - Pengemudi yang melalui jalan raya Mudejar dari arah Laut Mediterania, Spanyol, akan menyaksikan sebuah bandara yang terpampang di atas ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Ya, itulah Bandara Teruel.

Tak ada hilir mudik pesawat, meja check-in, ruang tunggu, atau bagasi korsel layaknya bandara pada umumnya. Yang ada hanyalah barisan pesawat-pesawat berukuran besar yang memunculkan siluet di cakrawala.

Terletak di Kota Teruel, Spanyol, Bandara Teruel memang bukan digunakan untuk kepentingan komersil. Bandara ini dibangun untuk menampung pesawat-pesawat yang ditarik dari peredaran, baik penarikan sementara untuk pemeliharaan, maupun permanen alias pensiun.

Dilansir dari CNN, pesawat yang telah pensiun lama, akan dihancurkan di sini. Akan tetapi sebelumnya, suku cadang pesawat tersebut dipreteli, hingga tersisa badan pesawat dan kelengkapan pesawat yang sudah tak berguna lagi.

Selain menjadi museum pesawat tua, Bandara Teruel juga menyimpan pesawat-pesawat yang masih layak terbang, sembari menunggu masalah keuangan dan hukum yang menjerat perusahaan pemiliknya berhasil dituntaskan.

Juga, beberapa uji coba kerap kali dilakukan di bandara ini. Antara lain uji coba roket penerbangan.

"Sejak bandara dibuka, kami telah melakukan uji coba mesin roket. Kami juga aktif di bidang penelitian drone, dan tak lama lagi ada pusat pelatihan pilot di sini," ujar Direktur Bandara Teruel Alejandro Ibrahim.

Bandara Teruel bukan satu-satunya bandara yang dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan pesawat. Di Prancis Selatan, ada Bandara Pau yang juga memiliki fungsi serupa. Hanya saja, bila melihat kapasitasnya, Bandara Teruel menjadi pilihan nomor wahid di dunia.

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2