Wanita Ini Tak Bisa Tersenyum Selama Puluhan Tahun

Selasa, 27/02/2018 13:47 WIB

Jakarta - Seorang wanita asal Inggris, Cate Wallwork, selama 34 tahun harus menjalani hidup tanpa bisa tersenyum. Pasalnya, sejak umur 17 tahun, ia mengalami kelumpuhan pada wajah atau Sindrom Melkersson. Penyakit ini adalah kondisi langka yang hanya menyerang 8 dari 10.000 orang di Inggris.

Wallwork didiagnosis menderita kelumpuhan wajah dan wajahnya perlahan pulih. Ia juga mengalami luka dingin dan pembengkakan yang menyakitkan sepanjang masa kecilnya.

"Dia (dokter) melihat ke dalam mulut saya dan segera mendiagnosis saya terkena sindrom Melkersson-Rosenthal sebagai penyebab semua gejala saya," kata Cate dilansir Dailymail.

Wanita yang kini berusia 51 teringat akan luka dingin yang dia alami saat masih kecil. “Saya memilikinya di sekitar mulut saya, menutupi wajah dan hidung saya. Rasa percaya diri saya sangat terpengaruh, saya dijauhi karena keriput dan dipanggil dengan banyak nama,” katanya.

“Mata saya meneteskan air setiap kali saya makan, saya menyebutnya` mengeluarkan air liur `. Aku mengalami luka dan pembengkakan yang menyakitkan dan aku tidak bisa tersenyum atau cemberut,” lanjutnya.

Melihat fenomena tersebut, Badan amal Facial Palsy UK mengungkapkan bahwa pendidikan mendesak sangat dibutuhkan untuk mengatasi kelumpuhan wajah. Pasalnya, banyak pasien kecewa dan kurang mendapat perawatan yang baik.

Menurut Badan Kebebasan Informasi yang dibuat oleh mereka, hanya 12 persen kelompok klinis yang secara rutin mendanai operasi untuk kelumpuhan wajah.

 

TERKINI
Taylor Swift Sedih Tinggalkan Pacar dan Teman-temannya untuk Eras Tour di Eropa Album Beyonce Cowboy Carter Disebut Layak Jadi Album Terbaik Grammy 2025 Ryan Gosling Bikin Aksi Kejutan ala Stuntman The Fall Guy di Universal Studios Dwayne Johnson Senang Jadi Maui Lagi di Moana 2